HEADLINESAMOSIR

Wakil Bupati Samosir Hadiri Raker Notaris se-Tapanuli Raya

Rabu, 04 Desember 2019, 13:58 WIB
Last Updated 2019-12-04T06:58:52Z
Wabup Samosir Juang Sinaga bergambar bersama dengan Notaris. (ist)


BERITA GAMBAR.COM
Wakil Bupati (Wabup) Juang Sinaga, menghadiri Pelantikan dan Raker Pejabat Pembuat Akte Tanah (IPPAT) Pengda (Pengurus Daerah) Tapanuli Raya, Rabu (4/12/2019) di Hotel Sitiotio, Samosir.

IPPAT se-kawasan Tapanuli Raya beranggotan dari 4 Kabupaten yaitu Taput, Tobasa, Humbang dan Samosir. 

Juang Sinaga, mengatakan, bahwa urusan pertanahan secara makro adalah tanggung jawab pemerintah daerah dan secara mikro dalam kaitan dengan legalisasi tanah adalah urusan pemerintah pusat melalui Badan Pertanahan. Dan dalam hal itu, PPAT/Notaris memiliki memiliki peran yang besar.

Proses pengaturan pertanahan akan berdampak pada  percepatan pembangunan yang berkaitan dengan pengadaan tanah untuk pembangunan. Memaksimalkan pemanfaatan tanah berarti meningkatkan produktifitas dan sebaliknya, jika kepemilikan tanah sulit maka akan membuat daya saing daerah rendah.

Untuk itu, Wabup berharap para notaris berperan aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kepemilikan tanah. Lebih lanjut dikatakan, perolehan hak atas tanah bangunan menjadi salah satu sumber PAD lewat bea perolehan hak atas tanah san bangunan (BPHTB).

Diharapkan adanya sinergitas antara  Pemerintah daerah melalui Badan Pendapatan daerah, Badan Pertanahan dengan para pejabat pembuat akte tanah.

Diakhir arahanya, Wabup menghimbau agar PPAT membantu masyarakat dalam hal jual beli tanah sehingga masyarakat tidak dirugikan dengan harga jual dibawah pasar.
Dalam kesempatan tersebut, Sinta Mauli Agnes dilantik menjadi Ketua IPPAT se-kawasan Tapanuli Raya.

Sinta Tamba, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir dan PPAT di kawasan Tapanuli.
"IPPAT Tapanuli raya siap bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten untuk mendukung pembangunan yang diprogramkan Pemerintah,"ujarnya.(drh)

TRENDINGMore