NEWSSAMOSIR

Pemkab Samosir Belum Liburkan Sekolah, Hanya Terbitkan Edaran

Selasa, 17 Maret 2020, 13:42 WIB
Last Updated 2020-03-17T06:45:42Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Beritagambar.com-Samosir
Pemerintah Kabupaten Samosir masih menunggu keputusan rapat koordinasi yang bakal digelar, guna memutuskan liburnya sekolah atau tidak di Kabupaten Samosir sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

"Forkompinda Samosir masih akan rapat. Masih menunggu rapat koordinasi," beber Bupati Samosir Rapidin Simbolon ketika dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).
Hanya saja untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Pemkab Samosir sudah mengeluarkan surat edaran keapda masyarakat, berikut isi surat edaran Bupati Samosir.
1.Diminta kepada masyarakat agar tidak panik, tetap tenang, waspada dan menghindari penyebaran berita yang belum ter-konfirmasi

2. Agar berlaku hidup sehat dan bersih, serta menjaga stamina dan daya tahan tubuh

3. Sebagai tindakan pencegahan, diminta kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan, sering cuci tangan dengan sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi yang seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, hati-hati kontak dengan hewan.

Kemudian, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air putih minimal 8 gelas perhari, jangan mengkonsumsi makanan yang tidak masak sempurna.

Menghimbau warga masyarakat dan warga sekolah untuk tidak berbagi makanan dan minuman termasuk peralatannya serta alat musik tiup yang dapat meningkatkan resiko penularan penyakit.

Menghimbau kepada warga masyarakat dan sekolah untuk menghindari kontak fisik secara langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan dan seterusnya). Mengurangi atau menunda menghadiri kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Selanjutnya, bila harus mengunjungi tempat ramai (pasar/pekan, antrian, stasiun bus/dermaga) agar mengatur kontak tubuh minimal 1 meter. Bila menggunakan fasilitas umum (ATM Bank, warnet dan lain-lain) agar terlebih dahulu melakukan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

4. Bila ada gejala demam, batuk, sakit tenggorokan serta sesak nafas, pakai masker dan segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri.

5. Agar tidak memborong dan menimbun bahan pangan atau kebutuhan lainnya untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat.

6. Bila ada hal yang perlu dipertanyakan tentang Corona virus disease (Covid-19) dapat menghubungi call center Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kesehatan (0821 6071 3177) dan Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Samosir (0822 7690 1978).

Di sisi lain, Gubernur Sumatra Utara Edy Rachmayadi, bersama beberapa Kabupaten dan Kota di Sumut, sudah membuat keputusan, menginstruksikan sekolah diliburkan sebagai antisipasi penyebaran virus corona sampai 3 April 2020.


TRENDINGMore