HEADLINENEWSSAMOSIRUMUM

Ini Daftar Penghargaan Yang Diraih Bupati Samosir Rapidin Simbolon

Kamis, 23 Juli 2020, 07:54 WIB
Last Updated 2020-07-23T01:07:28Z


BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Samosir 2016-2021, Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, berhasil memperoleh beberapa prestasi yang diraih Kabupaten Samosir.

Ini beberapa penghargaan yang diperoleh:

1. Kabupaten Samosir ditetapkan sebagai juara I kinerja lelang tahun 2017 kategori Pokok Lelang dengan nilai lelang 2,2 M di Penganugrahan BMN dan AUCTION AWARD 2017.

2. Sejak Kabupaten Samosir berdiri, Bupati Rapidin Simbolon, Menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), karena berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga tahun berturut-turut, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017, 2018 dan 2019.
Bupati Rapidin Simbolon, menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan oleh Gubsu H Edy Rachmayadi,  atas capaiaan perolehan laporan keuangan WTP (wajar tanpa pengecualiaan) beeturut-turut, (2017-2019).


3. Kabupaten Samosir berhasil meraih Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 dengan kategori Objek Wisata Belanja Unggulan. Penghargaan diberikan untuk Pasar Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

4. Bupati Samosir Rapidin Simbolon diberikan Best Award sebuah penghargaan bergengsi tingkat Nasional, meraih penghargaan tingkat Nasional kategori Anugerah Mitra Kerjasama Terbaik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI) yang diserahkan oleh Menteri Riset dan Teknologi RI didampingi Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Presiden RI Joko Wido ber swafoto dengan Bupati Rapidin Simbolon.

5. Bupati Samosir, masuk menjadi satu dari enam kepala daerah se-Indonesia yang memberikan pengalaman (testimoni) terkait performance sistem akuntabilitas kinerja pemerintah.

Pencapain itu mengantarkan Pemkab Samosir meraih predikat B pada apresiasi dan penyerahan laporan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja.
Menteri PUPR Basuki H bersama Bupati Rapidin Simbolon.

"Penghargaan diberikan Kementrian Dalam Negeri kepada Bupati Samosir, Rapidin Simbolon pada senin 28 Januari 2019 di Bandung,"

6.  Menerima penghargaan Indonesia Award 2019 yang diselenggarakan stasiun televisi swasta nasional, INews TV. Politikus PDIP itu dinobatkan menjadi nominator kategori Bidang Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pengembangan Destinasi Wisata di Indonesia Award 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan di iNews Tower, lantai IV Gedung MNC Centre, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).
Pemkab Samosir raih penghargaan SAKIP dari Mendagri.

7. meraih penghargaan dari KPK RI secara langsung sebagai kabupaten terbaik nomor satu di Sumatera Utara dalam pencegahan korupsi dalam rakor KPK dan kepala daerah se-Sumatera Utara, 9 Des 2019).

8. Pemerintah Kabupaten Samosir meraih Penghargaan Evaluasi Laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 dengan nilai BB, membuat daerah tersebut mendapat tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp8,9 miliar.
Bupati Samosir Rapidin Simbolon, menghadiri acara Launching pelayaran perdana KM Pora-pora dari Balige (Toba)-Onan Runggu (Samosir)

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo bertempat di Convention Center Hotel Radisson, Batam, Senin (10/02/2020).

9. Pemerintah Kabupaten Samosir menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Pemprovsu. Penghargaan itu disampaikan melalui video conference di ruang rapat Bappeda Samosir, Kamis (23/4/20).

10. Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, menerima piagam penghargaan dari Gubernur provinsi Sumatera Utara di aula kantor Bupati Samosir, Kamis (18/6/2020).
Selain itu, di masa Bupati Rapidin Simbolon-Juang Sinaga, Kabupaten Samosir dua kali dikunjungi Presiden RI, Joko Widodo.
Rencana pembangunan Waterfront City Pangururan.


Kunker Presiden  RI itu, merupakan prestasi yang membanggakan tidak ternilai karena dengan dikunjungi Presiden RI sebanyak dua kali beeturut-turut.

Tentunya kunjungan itu akan menjadi peehatian serius bagi Pemerintah untuk menggelontorkan anggaran pembangunan dikawasan Danau Toba, khususnya Samosir, mencapai Rp2 Triliun, dan hasilnya kita rasakan bersama. (TUMPAL SIJABAT)

TRENDINGMore