NEWSSAMOSIRUMUM

Belajar Pembibitan, DPRD Samosir Kunker ke Taput

Selasa, 28 Juli 2020, 04:24 WIB
Last Updated 2020-07-27T21:24:21Z
Kantor DPRD Samosir
BERITAGAMBAR.COM-Samosir
Ketua DPRD Kabupaten, Saut Martua Tamba, bersama Komisi II kunjungan kerja ke UPT Bibit Induk Aneka Tanaman Gabe Hutaraja Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin, (27 /7/2020).
Kedatangan legislatif Samosir ke lokasi pembenihan yang dimiliki Pemprovsu ini guna mengetahui sejauh mana metode pembibitan yang mereka lakukan utamanya mengenai bibit unggul padi Gogo dan bawang untuk memberi suporting bagi pertanian di Kabupaten Samosir.
Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungannya bersama Komisi II tersebut tiada lain banyaknya petani di Kabupaten Samosir mengeluh akibat padi dan bawang yang mereka tanam gagal panen.
"Diduga buruknya kualitas bibit/benih padi sebagai pemicu utama, sehingga para petani tak bisa menikmati hasil panennya ditambah lagi dengan adanya musim yang tidak menentu," ungkap Saut Martua Tamba.
Diterangkan Politisi PDIP itu, gagal panen ini juga dikarenakan bibit padi yang di tanam banyak yang tidak tahan dengan kondisi tanah yang kurang air atau kekeringan, dan sawah di Kabupaten Samosir itu kebanyakan baru sanggup melakukan panen 1 tahun 2 kali.
“Melihat kondisi tersebut kami menanyakan seperti apa inovasi UPT Bibit Induk Aneka Tanaman Gabe Hutaraja Tarutung dan bagaimana agar bibit padi serta bawang itu bisa tahan di beberapa iklim,” jelas Saut.
Ditambahkan Wakil Ketua Komisi II, Polma Hasehaton Gurning, perlu diadakannya beberapa inovasi bibit padi dan bawang yang diharapkan bisa meningkatkan hasil produksi padi di Kabupaten Samosir yang sekarang cenderung iklim dan cuacanya itu tidak bisa diprediksi.
Menurut Polma, masalah pertanian Samosir ini harus diurai dari hulu ke hilir apa-apa saja kendalanya, sehingga bisa membuat satu kebijakan yang konkret dan berkelanjutan untuk meningkatkan produksi pertanian.

TRENDINGMore