NEWSSAMOSIRUMUM

Aktifitas Sudah Normal, Ikuti Protokol Kesehatan

Selasa, 04 Agustus 2020, 20:05 WIB
Last Updated 2020-08-04T13:05:19Z
Posko Satgas PP Covid-19, di menara pandang Tele.
BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Sejak objek-objek wisata unggulan Samosir dibuka mulai Jumat (31/7/2020), aktivitas tranportasi di jalur darat dan danau sudah kembali normal dengan standar protokol kesehatan.

Harapannya, pelaku perjalanan ke Samosir, pelaku usaha wisata, dan seluruh masyarakat Samosir jangan lengah tetapi fokus pada protokol kesehatan secara ketat.
peta persebaran Covid-19 di Samosir.

Jangan percaya pada rasa aman palsu ketika beraktivitas di luar rumah tanpa pakai masker, tanpa sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, tanpa jaga jarak interaksi (1-2 meter), dan tanpa perilaku hidup bersih dan sehat. Potensi suspek ada dimana-mana mengingat Samosir telah dibuka bagi wisatawan nusantara,  karena itu kita harus memilih untuk waspada.

Hal itu disampaikan Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan (Satgas PP) Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara, Selasa (4/7/2020) melalui  WhatsApp.

Dalam kenormalan baru, kita juga ditantang untuk membentuk budaya baru ikut protokol kesehatan secara ketat. Saat ini, protokol kesehatan adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Protokol kesehatan bukanlah vaksin namun pencegahan dalam bentuk modifikasi perilaku untuk aman dari Covid-19 sambil melakukan aktivitas normal.

Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan tetap memantau efektivitas penerapan budaya baru. Mungkin saja, jika yang terjadi adalah inefektivitas, maka Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan melakukan tindakan preventif yang bersegera jika dianggap perlu berdasarkan evaluasi lapangan.

Tetap fokus pada protokol kesehatan adalah tanggung jawab kolektif untuk menghadang infeksi Covid-19 di Samosir. Kita sudah menerima protokol kesehatan adalah satu-satunya upaya pencegahan saat ini, namun seberapa berhasilkah kita dalam implementasinya sehari-hari? Pertanyaan reflektif ini idealnya diikuti dengan tindak laku dengan protokol kesehatan sebagai hal yang wajib dihidupi.

Rasanya tidak perlu harus terpapar,  kemudian kita secara ketat melakukan protokol kesehatan.  Adalah lebih baik mencegah daripada mengobati karena terpapar Covid-19 karena biaya pengobatannya relatif mahal.

Satgas Penanganan Covid-19 Samosir secara terus menerus mengimbau untuk tetap fokus menjalankan protokol kesehatan agar Samosir tetap zona hijau dan aman dari Covid-19, itu semua untuk kebaikan  bersama selama pandemi,"ujar Rohani.

TRENDINGMore