HUKUMNEWSSAMOSIRSUMUTUMUM

Bupati Samosir dan Kalapas Pangururan Serahkan Remisi ke 46 WBP

Senin, 17 Agustus 2020, 10:16 WIB
Last Updated 2020-08-17T05:38:03Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Kalapas Pangururan Herry H Simatupang, memberikan remisi.

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Sebanyak 46 warga binaan di  Lembaga Permasyarakatan  (LP)  Kelas III Pangururan, Kabupaten Samosir mendapatkan remisi antara satu bulan sampai enam bulan.

"Momentum Hari Kemerdekaan RI ke-75, sebanyak 46 warga binaan di  LP Pangururan, mendapatkan remisi antara satu sampai enam bulan, Senin (17/8/2020)," kata Kepala LP Kelas III Pangururan Kabupaten Samosir, Herry Hasudungan Simatupang.
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Irup pemberian remisi di Lapas III Pangururan.


Menurut Herry, warga binaan LP Pangururan yang mendapat remisi masa penahanan ini merupakan warga binaan yang memenuhi persyaratan sudah menjalani masa hukuman di atas enam bulan, serta bekelakuan baik selama dalam binaan.

"Dari penghuni yang seluruhnya berjumlah 78 orang warga binaan, 46 orang di antaranya mendapat remisi masa hukuman," jelas Simatupang.

Selain itu, narapidana yang mendapatkan remisi juga mereka yang berkelakuan baik dan tidak melanggar tata tertib yang ada di dalam lapas. Remisi merupakan hak napi, namun ada tahapan, kelakuan, sosialisasi dan kegiatan di dalam juga menjadi pertimbangan.

Kalapas III Pangururan Herry H Simatupang, dan Staff bergambar bersama WBP Lapas III, seusai upacara pemberian remisi.


Dikatakan Herri, dari 76 penghuni LP Pangururan terbanyak kasus narkoba,pembunuhan, perkelahian dan perjudian toto gelap (togel) dan sisanya pencurian.

"Untuk merayakan HUT RI ke-75, Lapas Pangururan juga menggelar tujuh perlombaan seperti tenis meja, catur,voli, panco, memasukkan paku ke dalam botol dan lomba membawa kelereng dalam sendok," ujar Heri.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, seusai upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75, menyerahkan langsung remisi itu kepada perwakilan warga binaan yang mendapat keringanan masa hukuman itu.

Rapidin membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly.



"Selamat ya, dalam waktu dekat  dapat kembali berkumpul dengan keluarga, semoga ini menjadi pelajaran berharga. Untuk tidak mengulangi kembali. Sukses di luar menunggu, " kata Bupati Simbolon


Upacara di pemberian remisi masa tahanan di LP Pangururan itu, selain diikuti sejumlah pejabat pimpinan daerah di Kabupaten Samosir juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Samosir. (BG/TS1)

Ini vidieonya.

TRENDINGMore