NEWSSAMOSIRUMUM

Bupati Samosir Panen Kentang di Partukot Naginjang

Sabtu, 08 Agustus 2020, 09:20 WIB
Last Updated 2020-08-08T02:21:47Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon panen raya kentang di Tele.
BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
Bupati Samosir Rapidin Simbolon, bersama Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung Hendriadi, meninjau panen raya kentang kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani, Lima Kelompok Tani (Koptan)  di Desa Partungkonaginjang, Kecamqtan Harian Kabupaten Samosir, Jumat (7/8/2020).

Sebelumnya, Tahun 2019, Kementerian Pertanian memberikan bantuan permodalan Rp 50 juta ke setiap Koptan di Desa Partukkot Naginjang untuk budidaya kentang 3 hektar dan ubi jalar dua hektare.

Ke lima Koptan penerima manfaat program tersebut, adalah Koptan Parsorba, Koptan Maduma, Koptan Asih Ni Roha, Koptan Permata Tani Utama, dan Koptan Karya Subur Jaya. Dari hasil produksi petani tersebut, menghasilkan nilai produksi rata rata 102.181.000,-, perkelompok, yang artinya, menghasilkan keuntungan Rp 50 juta dari modal awal per sekali panen.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung Hendriadi, meminta kepada Koptan, untuk terus meningkatkan produksi pertaniannya, dengan memanfaatkan hasil usaha tani, yang sudah diperoleh, baik melalui perluasan lahan pertanian, dengan memanfaatkan lahan lahan yang tidak produktif, dimana pemerintah akan terus mendukung petani.

Untuk menambah nilai hasil, produksi budi daya kentang, dan ubi jalar, kelompok tani juga, melalui bantuan pemerintah daerah, telah memproduksi cemilan, kerupuk kentang, dan ubi jalar yang sudah dipasarkan, diberbagai outlet.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan, wujud dari penjabaran visi, Bupati Samosir, yaitu, mewujudkan masyarakat Samosir, yang sejahterah, mandiri, dan berdaya saing, berbasis pertanian, dan pariwisata.

Semoga petani samosir, semakin bangkit, dan berjaya, untuk mewujudkan kesejatrahan masyarakat,"ucap Simbolon.(BG/TS)

TRENDINGMore