NEWSPROVSUSUMUT

Gubsu Ground Breaking Sport Center Sumut

Sabtu, 15 Agustus 2020, 06:46 WIB
Last Updated 2020-08-14T23:46:09Z

Edy Rahmayadi, resmi melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan kawasan Sport Center Sumut.
BERITAGAMBAR.COM-MEDAN
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, resmi melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan kawasan Sport Center Sumut di Jl. Sultan Serdang, Desa Sena, Kec. Batang Kuis, Kab. Deliserdang, Jumat (14/8/2020).

Gubsu mengatakan pembangunan sport center sudah lama menjadi impian warga Sumut. Secara pribadi, Edy ingin mewujudkan impian ini sejak dirinya masih Sekolah Dasar (SD).

Dikatakan Edy, untuk awal pembangunan sport center dimulai dari venue Stadion Utama Sepakbola berkapasitas 75 ribu penonton dengan menghabiskan anggaran Rp 1,8 triliun. Edy targetkan pembangunan Stadion Utama rampung dalam tempo 3 tahun atau Februari 2023.



“Khusus Stadion Utama itu dperkirakan Februari 2023 selesai. Rumputnya aja lamanya nanti 9 bulan. Ada 36 venue khusus olahraga saja. Belum sarana-sarana lain seperti pariwisata, dan shopping center. Di sini tempat keramaian orang bukan saat olahraga saja,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, rumah sakit anggarannya 1,8 triliun juga. Ke depan ada 5 ribu room rumah Sakit Haji Mina internasional yang pembangunannya di mulai Maret 2021. Ada juga stadion akuatik berkapasitas 1.300 penonton dan stadion atletik 2.600 penonton.

Gunsu menargetkan pembangunan kawasan sport center bisa rampung hingga akhir tahun 2023. “Sehingga bisa digunakan untuk pelaksanaan tuan rumah PON 2024. Setidaknya untuk kawasan sport center akan dibangun 36 venue olahraga. Total anggaran yang digunakan minimal mencapai Rp8,6 triliun. Anggaran berasal dari APBD, APBN, dan investor,” tambah Gubsu.



“Saya mohon dukungannya dan bantuannya. Saya mohon maaf kepada masyarakat yang sempat bertani di lahan ini. Saya berharap tidak perlu Kapolres, Kapolda, apalagi Pangdam turun tangan. Cukup pak kiai saja amankan ini. Ini (sport center) bukan untuk Edy, tapi untuk anak cucu kita semua,” tegasnya.

Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan mengatakan Pemkab Deliserdang sangat menyambut baik pembangunan kawasan Sport Center Sumut yang terletak di Jl. Sultan Serdang, Desa Sena, Kec. Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang.

“Pembangunan ini pastinya akan mewujudkan cita-cita Pempov Sumut untuk menjadikan Sumut Bermartabat. Karena memang ini peristiwa sejarah yang akan menjadi kenangan dan kebanggaan bagi masyarakat Sumut khususnya Deliserdang,” terangnya.


 “Sekali lagi atas nama Pemerintah Kabupaten Deliserdang saya ucapkan terima kasih karena Desa Sena, Kec. Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang dijadikan kawasan olahraga terpadu di Sumut,” katanya.

Sebelumnya, Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian menjelaskan jika kawasan Sport Center Sumut dibangun di atas lahan kurang lebih 300 hektar yang memiliki lokasi sangat strategis dekat dengan bandara udara internasional Kuala Namu, jalan tol Medan-Kuala Namu, Tebingtinggi, Jl. Sultan Serdang dan jalur kereta api.

“Kawasan ini mengadopsi bentuk pohon kelapa sawit yang merupakan komoditas unggulan Sumut, serta mewujudkan identitas keanekaragaman suku, budaya di Sumut diterapkan pada lanskap kawasan olahraga terpadu ini,” katanya. (BG/JP)

TRENDINGMore