KESEHATANNEWSSAMOSIR

RS Warga Samosir Terkonfirmasi Covid-19, Satgas Minta Warga Ikuti Protokol Kesehatan

Minggu, 30 Agustus 2020, 11:46 WIB
Last Updated 2020-08-31T09:42:07Z
Juru bicara Satgas Covid-19, yang juga Kadis Kominfo Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.

BERITAGAMBAR.COM-SAMOSIR
JS warga Desa TP Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, terkonfirmasi corona virus (Covid-19) pada  Selasa, 25 Agustus 2020 lalu di RSU Murni Teguh Medan.

Hal itu dibenarkan Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir Rohani Bakkara, Minggu (30/8/2020).

Diterangkan Rohani, JS, pada 16 April 2020, menjalani Operasi di Rumah Sakit Murni Teguh Medan, pasien harus memakai selang di tenggorokan dan harus kontrol setiap minggunya.
Peta pemantauaan persebaran Covid-19 oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir.

Pasien JS mengontrak kos-kosan dekat Rumah Sakit Murni Teguh Medan, pada tanggal 19  Agustus 2020 siang, pasien lagi kontrol ke RS Murni Teguh dengan keluhan Tensi rendah (<80 mmHg) sehingga pasien dirawat dan dilakukan pemeriksaan darah dan rontgen pada jam 23.00 WIB.

Pada tanggal 20 Agustus 2020 dilakukan pemeriksaan swab Covid-19, dan pada tanggal 25 Agustus 2020 hasil pemeriksaan JS positif Covid-19.

Disampaikan, JS mulai menjalani pengobatan di RS Murni Teguh pertengahan April hingga sekarang Pasien tidak pernah pulang ke Kabupaten Samosir,"tegas Rohani.

Ditambahkan, Kadis Kominfo Samosir ini, mengajak seluruh elemen masyarakat Samosir untuk sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir selam 20 detik atau tetap membawa hand sanitizer untuk memastikan tangan kita bebas dari kuman, terlebih virus Corona yang dapat menempel pada tangan kita.

Di samping mencegah kuman dan virus, sering cuci tangan dengan sabun merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diharapkan menjadi gaya hidup yang permanen segera sesudah pandemi Covid-19 ini berakhir secara tuntas.

Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengajak seluruh masyarakat Samosir melihat esensi mencuci tangan dengan sabun dan/atau hand sanitizer yaitu cara sehat untuk menghindari penyakit-penyakit transmisi kuman di satu sisi dan penularan Covid-19 selama pandemi untuk mereduksi atau menghambat penularan Covid-19 di tanah air yang hingga saat ini belum menunjukkan penurunan yang signifikan,"ujar Rohani  (BG/TS)

TRENDINGMore