NEWSSAMOSIR

Waspadai Kecenderungan di Daerah Sekitar Kita

Sabtu, 05 September 2020, 05:59 WIB
Last Updated 2020-09-04T22:59:34Z
Jubir Satgas Penangan Covid-19 Kabupaten Samosir Rohani Bakkara.


SAMOSIR (Beritagambar.com):
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewaspadai kecenderungan angka peningkatan kasus di kabupaten/kota terdekat ke Samosir untuk tidak melakukan kunjungan bila tidak begitu perlu.

Demikian disampaikan Juru bicara Satgas Percepetana Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara, Sabtu (5/9).

Data dari Sumut Tanggap Covid-19 per 3 September 2020 menyajikan data angka konfirmasi positif sebagai berikut: Medan (4.337), Deli Serdang (950 orang), Pematang Siantar (222), Simalungun (183), Serdang Bedagai (132), Karo (118), Dairi (27), Toba (24), dan Tapanuli Utara (9). Secara total jumlah Kabupaten/Kota di atas 6.022 orang dengan rata-rata 602 orang dalam kurun waktu sejak 2 Maret 2020 silam.

Melihat kecenderungan ini, terutama pada beberapa hari terakhir, secara nasional maupun lokal, kita perlu meningkatkan sikap dan perilaku kewaspadaan dengan tetap melakukan protokol kesehatan di ruang-ruang publik yang berpotensi terjadinya transmisi antara pembawa tanpa gejala dengan orang berpotensi terpapar dalam interaksi setiap harinya.


"Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau kita semua untuk sementara waktu ini, walaupun Kabupaten Samosir telah dibuka bagi pelaku perjalanan dari luar daerah, untuk tetap waspada dengan melakukan protokol kesehatan secara konsisten dengan determinasi yang tinggi,"ujar Kadis Kominfo ini.

 Selain itu, mari tetap memperhatikan perjalanan kita ke daerah-daerah yang tinggi angka infeksi konfirmasi positifnya, jika tidak begitu perlu sekali, tundalah untuk bepergian. Jika sungguh urgen, tetaplah berhati-hati.

Jika fasilitas swab test tersedia dalam jumlah memadai bagi masyarakat di Samosir kita ini, mungkin saja akan terjadi hal-hal di luar dugaan kita mengingat ada asymptomatic carrier yang berpotensi mentransmisikan Covid-19. Agar hal itu tidak terjadi, mari tingkatkan disiplin pribadi kita untuk melakukan protokol kesehatan,"ujar Rohani. (BG/Ts)

TRENDINGMore