NEWSSAMOSIR

DPRD Samosir Apresiasi Pemkab Samosir Raih DID Tertinggi di Sumut

Kamis, 01 Oktober 2020, 18:33 WIB
Last Updated 2020-10-01T23:34:14Z
Ketua DPRD Samosir Saut M Tamba.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM
DPRD Kabupaten Samosir mengapresiasi kenaikan Dana Insentif Daerah  (DID) untuk tahun anggaran 2021 tersebut. 

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Samosir Saut M Tamba didampingi Ketua Fraksi PDIP Renaldi Naibaho, Kamis (1/10) di gedung DPRD Samosir.

"Ini hattrick, kami DPRD sangat mengapresiasi kerja keras pemerintah dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan sehingga opini WTP tetap bisa diraih. Dan mendapat DID hampir dua kali lipat dari sebelumnya," ujar Saut.

Dikatakan, upaya peningkatan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Samosir melalui penerapan manajemen kinerja yaitu perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi berorientasi kinerja semakin menunjukan hasil yang menggembirakan.
.
Menurut Politisi PDIP itu, penghargaan ini merupakan hasil kerja semua komponen di Kabupaten Samosir, baik Bupati dan Wakil Bupati, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, semua OPD, legislatif, maupun masyarakat.

"Semuanya berkontribusi dalam unsur penilaian kriteria utama dan kriteria kinerja. Penghargaan ini pun harus dijadikan sebagai pelecut semangat kerja semua pihak agar dapat mempertahankan WTP dan bisa menaikkan DID di tahun-tahun mendatang," imbuhnya.

Dengan pemberian reward ini, tambahnya, kiranya dapat memacu Kabupaten Samosir untuk mempercepat pembangunan, meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Samosir, Renaldi Naibaho mengungkapkan prestasi ini patut dibanggakan bersama, karena hanya beberapa Pemerintah Daerah yang sanggup mencapainya.

Ia menyebutkan, peningkatan dana transfer untuk tahun anggaran 2021 tersebut dapat menjadi indikator kinerja pemerintahan yang dinahkodai Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, sangat baik. Hal ini dikarenakan alokasi DID adalah wujud penghargaan pemerintah pusat kepada Kabupaten dan Kota yang mempunyai kinerja baik.

Artinya, pemerintah pusat telah menganggap pelayanan dasar publik baik di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pelayanan pemerintahan umum, serta meningkatkan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Samosir kian membaik.

“Berbagai program dan inovasi yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Samosir telah diapresiasi sehingga diberi Pemerintah Pusat tambahan dana inovasi daerah untuk tahun 2021,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Samosir, Rudi Siahaan, mengatakan DID Kabupaten Samosir dari tahun ke tahun terus meningkat dan teetinggi se Sumatra Utara. 
Dimana sebelumnya pada WTP 2017, DID yang diterima di tahun 2019 sebesar Rp 10.482.264.000.

Untuk WTP 2018, DID yang diterima Kabupaten Samosir pada tahun 2020 sebesar Rp 34.184.714.000,- dan realisasi Rp 31.324.044.000,- (akibat penanganan Covid-19, dikurangi 10%). Dan WTP 2019, DID yang diterima tahun 2021 sebesar Rp 55.859.573.000. (BG/TS1)

TRENDINGMore