NEWSSAMOSIR

Sebelumnya Berangan-angan, di Era Rap ber Juang, Bayi Baru Lahir Langsung Dapat Akte Lahir

Senin, 05 Oktober 2020, 06:29 WIB
Last Updated 2020-10-04T23:29:47Z
Tampak senang, Orang tua bayi yang baru lahir di RSUD dr Hadrianus Sinaga, memerima akte lahir.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR.COM
Masyarakat Samosir patut bersyukur atas layanan optimal yang diberikan pemerintah di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga.

Rapidin-Juang “Rap ber Juang” yang kembali maju pada Pilkada 2020, telah melakukan terobosan jemput bola tidak duduk diam dikantor menunggu, yang tak pernah ada pada kepemimpinan pemerintahan sebelumnya.

Pasangan nomor urut 3 ini selalu menekankan efektivitas kerja kepada aparatur. Kerja nyata yang akan menghasilkan multi efek positif, khususnya bagi masyarakat luas.

Apa program itu? Pasangan suami isteri yang baru saja mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa, yakni momongan, langsung mendapatkan Akte Lahir si bayi.

“Hanya membutuhkan kelengkapan berkas kependudukan saja,” sebut Lemen Manurung, yang menggelontorkan program itu, kepada wartawan, Minggu (5/10) di Pangururan.

Pejabat yang sekarang dipercayakan sebagai Asisten Administrasi Umum Setdakab Samosir itu merinci, sistem pelayanan bagi keluarga yang melahirkan di rumah sakit, hanya membutuhkan kelengkapan berkas kependudukan saja.

“Program ini merupakan kolaborasi antara RSU dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujar mantan Kadis Dukcapil itu lagi.

Disebutkannya, program yang sudah berjalan 3 tahun itu, mendapat apresiasi positif dari masyarakat. “Ketika itu kita di Dukcapil mendapat dukungan penuh pak Bupati, dokumen kependudukan harus diprioritaskan,” pungkasnya.

Dia juga mengatakan, Pemkab Samosir sekarang melakukan layanan jemput bola ke rumah-rumah warga. Misalnya pengurusan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk, secara rutin mendatangi masyarat.

Dijelaskan juga, untuk pengurusan KTP bagi siswa pemula, dilaksanakan program perekaman dengan mendatangi sekolah masing-masing. Dan untuk pengurusan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk, Dinas Dukcapil secara rutin mendatangi warga ke desa-desa.

TRENDINGMore