NEWSPOLITIKSUMUT

Debat Publik Perdana Cawali dan Cawawali Kota Medan Berakhir

Sabtu, 07 November 2020, 20:56 WIB
Last Updated 2020-11-07T13:57:18Z
Debat Publik perdana Paslon Calon Wali dan Wakil Walikota Medan 2020.


MEDAN-BETITAGAMBAR.COM

Debat publik perdana pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Medan 2020  Akhyar Nasution - Salman Alfarisi dan Bobby Nasution - Aulia Rachman dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Kota Medan pada Sabtu (7/11) telah berakhir 


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Agussyah R Damanik mengatakan, acara ini untuk mengenal pasangan calon melalui visi, misi dan programnya.


Kedua paslon selain adu gagasan, juga saling menyindir satu sama lain. Di mana, paslon penantang kerap menyerang petahana dengan memaparkan keburukan Kota Medan. Sedangkan Paslon petahana menyerang menantu Presiden dengan UU Omnibus Law.


Pakar komunitas politik Universtas Sumatera Utara (USU), Syakhyan Asmara MSP menilai, debat itu masih bersifat pemanasan. Hanya saja menurutnya, pasangan nomor Akhyar-Salman lebih menguasai substansi sehingga mampu menawarkan gagasan yang konkrit dan solutif.


Sementara untuk pasangan Bobby dan Aulia lebih banyak mengulas hal-hal yang sifatnya makro tanpa didukung data yang kuat. “Mungkin kalau debat ke depan, Bobby dan Aulia perlu menguasai data yang lengkap. Kalau hanya sekedar wacana, mereka akan kalah dengan Akhyar Nasution yang lebih menguasai lapangan,” kata Syakhyan, Sabtu (7/11/2020).


Debat tahap kedua akan berlangsung 21 November mendatang, sedangkan debat ketiga pada 5 Desember 2020.


Seperti diketahui, saat dialog sesi pertama saja, Akhyar dan Salman begitu lugas menyampaikan visi misi selama tiga menit. Tapi giliran Bobby dan Aulia yang diberi kesempatan, mereka kebingungan menyampaikan visi misinya. Yang terjadi, keduanya menyerang soal jalan raya dan program pemerintah kota Medan.


Bobby dengan lantas menuding Medan adalah kota metropolitan semu.


"Medan menjadi kota metropolitan semu," kata Bobby.(BG/JP)


TRENDINGMore