NEWSSUMUT

Satgas Tagana DS Pantau Kondisi Rumah Warga

Senin, 07 Desember 2020, 15:17 WIB
Last Updated 2020-12-07T08:17:12Z

        SATGAS Tagana BPBD Deliserdang usai meninjau kondisi rumah warga di Dusun VII Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Seituan yang masih terendam air, Senin (7/12).



 DELISERDANG-BERITAGAMBAR.COM

Satuan Tugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) BPBD Deliserdang melakukan pemantauan terhadap kondisi rumah warga yang masih terendam air.


 Satgas Taruna Siaga Bencana BPBD Deliserdang Irwan Syahputra didampingi Syafi’i, Wiranto, Dimas dan Akbar usai meninjau rumah warga yang masih terendam air di Dusun VII Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Seituan , Senin (7/12) menjelaskan, sejak terjadinya banjir yang merendam ratusan rumah warga di dua Kecamatan di Kabupaten Deliserdang yakni Desa Bakaran Batu, Sena Kecamatan Batangkuis dan Desa Sei Rotan, Sambirejo Timur Kecamatan Percut Seituan, Satgas Tagana BPBD Deliserdang turun ke lokasi memantau rumah warga yang kebanjiran.


  “Sejak kejadian hujan deras yang merendam rumah warga, pada malam nya kami langsung melakukan pemantauan ke rumah warga yang terendam, kemudian melakukan penjagaan sampai sekarang karena masih ada rumah warga yang terendam”jelas Irwan Syahputra diamini Syafi'i, Wiranto, Dimas dan Akbar.


  Selain melakukan pemantauan, pihaknya memastikan bahwa pemerintah Desa setempat juga telah membuat posko dan mendirikan dapur umum menyediakan makanan untuk diberikan kepada korban banjir. Kepada warga korban banjir, Irwansyah dan kawannya mengimbau untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca. 


         Pantauan wartawan,  di Jl.Sidomulyo Ujung Desa Sei Rotan, air sungai belum juga surut. Hal itu dimanfaatkan warga untuk menjala ikan.


     Diberitakan sebelumnya, banjir yang merendam ratusan rumah warga Kabupaten Deliserdang terjadi akibat hujan deras pada Sabtu (5/12) sejak pukul 16.00 sampai 20.00 Wib masing-masing di Desa Bakaran Batu, Sena Kecamatan Batangkuis, Desa Sei Rotan, Sambirejo Timur Kecamatan Percut Seituan.


        Ketinggian air 60-70 cm itu tidak hanya merendam ratusan rumah warga tetapi juga sarana pendidikan yakni MTs Umar Bin Khattab di Jl.Utomo Desa Bakaran Batu.


       Penyebab banjir hingga merendam ratusan rumah warga selain hujan deras juga karena tidak adanya pembatas pada pinggiran sungai sehingga air dengan mudah melimpah ke rumah warga.


Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan bersama Kadis Perindag TM Zaki Aufa dan Kabag Tupim M Ary Mulyawan Simatupang pada Minggu (6/12) siang turun ke Kecamatan Percut Seituan.


Selain ingin meninjau kondisi banjir, Bupati juga ingin mengetahui penyebabnya dan memastikan bahwa masyarakat yang terkena banjir mendapatkan perhatian dari pemerintah. (net)


TRENDINGMore