BUDAYANASIONALNEWS

Tuan MH Manullang Diajukan Jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 25 Februari 2021, 07:31 WIB
Last Updated 2021-02-25T00:31:30Z

Tuan MH Manullang.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Tuan MH Manullang diajukan menjadi pahlawan nasional. Tokoh Batak yang dikenal gigih menentang kolonial ini sebelumnya sudah dianugerahi sebagai pahlawan perintis kemerdekaan. 


Pengusulan itu disampaikan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Humaniora Universitas Negeri Medan (Unimed) yang diketuai Baharuddin dan sejarawan Ichwan Azhari sebagai koordinatornya. Lembaga ini sebelumnya sukses mengajukan Gubernur Sumatera Utara pertama Mr SM Amien menjadi pahlawan nasional di tahun 2020. 


Sedangkan untuk Tuan MH Manullang diharapkan bisa diangkat jadi pahlawan nasional di tahun ini.


“Orang Batak mestinya berbangga punya pahlawan sedemikian tangguh dan hebat. Tuan MH Manullang berjuang secara konsisten sejak tahun 1906 menentang kolonialisme di Tanah Batak, maupun lewat media yang didirikannya yaitu Sinondang Baru dan Soara Batak. Tidak sampai di situ, beliau juga berjuang lewat organisasi HKBP tahun 1917. Ia lahir di Tarutung 20 Desember 1887 dan meninggal di Jakarta 20 April 1979," kata Ichwan, Rabu (24/2/2021)


Untuk itu, sambung Ichwan, mereka akan menggelar seminar daring sebanyak 2 kali, yaitu 27 Februari dan 13 Maret 2021.



 Dijelaskannya, seminar I akan membahas perlawanan Tuan MH Manullang menentang ekspansi agraria Belanda ke Tanah Batak yang menghadirkan sejumlah narasumber antara lain, Dr. Edy Ikhsan, Dimpos Manalu, Wannofri Samry dan Hermawan Sulistyo (LIPI Jakarta). 


Sedangkan untuk seminar II membahas Tuan MH Manullang dari pahlawan perintis kemerdekaan menuju pahlawan nasional. Narasumbernya Asvi Warman Adam, Dorodjatun Kuntjoro, Rosmaida Sinaga.(BG/NET)

TRENDINGMore