NEWSPERISTIWASUMUT

Cerita Maut Pohon Jabi-Jabi Tumbang Berdiri Lagi di Sumatera Utara

Selasa, 06 April 2021, 16:01 WIB
Last Updated 2021-04-06T09:05:08Z

 

Pohon Jabi-Jabi yang tumbang berdiri lagi.

TANJUNGBALAI-BERITAGAMBAR :

Beberapa hari setelah peristiwa itu, tepatnya Minggu (4/4), warga bergotong royong menyingkirkan sisa-sisa pohon tumbang. Saat itulah peristiwa pohon berdiri lagi terjadi.


"Kalau kejadiannya ini (pohon ini bisa berdiri kembali), kepling saya melaporkan ada warga gotong royong. Mereka memanjat pohon, memotong beberapa dahan yang tumbang ini. Mungkin karena akar yang menahan pohon ini berkurang bebannya karena sudah dipotong sebagian, hingga sisa batang yang belum dipotong, ini jadi terangkat, seolah-olah berdiri lagi," kata Lurah Sei Merbau, Fahrurrozi, Senin (5/4).


Dia mengatakan ada tiga warga yang sedang memangkas dahan pohon. Ketiganya terpental. Dua orang terluka dan satu orang meninggal dunia.


"Sementara itu, posisinya ada tiga orang warga yang di atas batang pohon belum terpotong sempat terlempar karena mendadak pohonnya menjadi seperti berdiri lagi," ujarnya.


Dia mengatakan korban tewas, Yusuf, sempat dirawat di rumah sakit. Namun nyawa Yusuf tidak tertolong karena luka memar di dada.


"Iya benar, ada satu orang korban yang sempat dirawat beberapa jam di rumah sakit meninggal dunia tadi malam," kata Rozi.


Dia mengaku telah melapor ke BPBD setempat terkait peristiwa ini. Pemerintah setempat bakal mencari solusi agar pohon tersebut tidak tumbang lagi dan membahayakan warga.


Yusuf diketahui merupakan warga Asahan. Dia datang ke Tanjungbalai untuk membantu kakaknya membersihkan rumah dari pohon tumbang.


"Informasi yang saya dapatkan, almarhum ini ingin membantu kakaknya yang rumahnya tertimpa pohon. Dia ikut gotong royong sama warga di sana saat kejadian," kata kepala Dusun II, Pematang Sei Baru, Asahan, M Ali.


Pohon jabi-jabi di Tanjungbalai, sempat tumbang lalu berdiri lagi. Ini penyebabnya?


Pohon berukuran besar yang tumbang itu berada di Kelurahan Sei Merbau, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut). Lurah Sei Merbau, Fahrurrozi, mengatakan pohon itu diduga bisa berdiri lagi karena akarnya masih kuat menancap di tanah.


"Mungkin karena akar yang menahan pohon ini berkurang bebannya karena sudah di potong sebagian, hingga sisa batang yang belum dipotong ini jadi terangkat, seolah-olah berdiri lagi," kata Rozi.(BG/TS)


TRENDINGMore