NEWSPERISTIWASUMUT

Gempa 7.2 Guncang Nias, BPBD Nias Selatan: Tidak ada Dampak Kerusakan

Jumat, 14 Mei 2021, 18:06 WIB
Last Updated 2021-05-14T13:14:14Z

 

Belum lama ini BPBD KabupatenNisel, melakukan simulasi evakuasi peringatan dini. (Dok)

NISEL-BERITAGAMBAR : 

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7.2 terjadi di perairan laut Nias, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB. Dalam siaran pers tertulisnya, BMKG menyebutkan gempa bumi ini tepatnya terjadi di 0.10 LU dan 96.53 BT atau berjarak 141 Km arah Barat Daya Kabupaten Nias Barat.


BMKG mencatat gempa berada sejauh 19 Km dari permukaan tanah. Kendati begitu, dalam websitenya, BMKG sejauh ini menyatakan bahwasanya gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami, meski gempa bumi susulan masih berpotensi terjadi.


Selain itu, sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi berkekuatan cukup besar tersebut. Informasi diperoleh, sejumlah daerah turut merasakan guncangan gempa yang berlangsung sekitar 40 detik.



Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Idealis Dakhi, menyebut gempa yang melanda pesisir Pulau Nias tidak ada kejadian (kerusakan) yang terjadi dari dampak gempa itu.


"Untuk informasi, Nias Selatan tidak ada dampak kerusakan yang terjadi dari gempa tadi. Titiknya kan di Nias Barat, nah kita juga sedang koordinasi di beberapa Kecamatan untuk memantau gempa yang terjadi tadi", sebut Idealis Dakhi, saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Jumat (1/05/2021).


Dia menjelaskan, pada pantauan radar Warning Receiver System (WRS) yang ada di Kantor BPBD Nias Selatan memang menunjukkan titik koordinat gempa tersebut, namun tidak menunjukkan seberapa besar dampak kerusakan dari gempa tersebut.


"Yang jelas getarannya ada kita rasakan di Nias Selatan", katanya.


Idealis Dakhi, menghimbau masyarakat Nias Selatan untuk tetap waspada bila terjadi gempa susulan.


"Walaupun tidak ada kejadian pada gempa ini, namun masyarakat tetap dihimbau untuk selalu waspada apabila terjadi gempa susulan," imbauannya.(BG/NET)


TRENDINGMore