NASIONALNEWSPERISTIWA

Tujuh Kapolres di Sumut Dimutasi

Rabu, 02 Juni 2021, 14:56 WIB
Last Updated 2021-06-02T07:57:39Z

 

Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara di Meda.

JAKARTA-BERITAGAMBAR : 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah. Mutasi itu tertuang dalam dalam Surat Telegram Nomor 1129/VI/KEP/2021.


Surat telegram itu ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan. Dalam surat telegram itu, ada 7 kapolres di Sumatera Utara (Sumut) yang dimutasi.


Berikut 7 Kapolres di Sumut yang dimutasi:

1. Kapolres Asahan

Kapolres Asahan sebelumnya dijabat AKBP Nugroho Dwi Karyanto diganti oleh AKBP Putu Yudha Prawira. Nugroho menduduki jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Kepri.


2. Kapolres Tanjungbalai

AKBP Triyadi yang akan menjadi Kapolres Tanjungbalai. Kapolres Tanjungbalai sebelumnya diisi AKPB Putu Yudha.

3. Kapolres Sibolga

Untuk posisi Kapolres Sibolga akan diisi AKBP Taryono Raharja. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumut.


4. Kapolres Langkat

Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga dimutasi menjadi Waka SPN Polda Sumut. Posisi Kapolres Langkat akan diisi AKBP Danu Pamungkas Totok


5. Kapolres Simalungun

Jabatan Kapolres Simalungun akan diisi AKBP Nicolas Dedy Arifianto yang sebelumnya merupakan Kapolres Tapanuli Tengah.


6. Kapolres Tapanuli Tengah

Kapolres Tapanuli Tengah akan diisi AKBP Jimmy Christian Samma yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim Polres Metro Jaksel Polda Metro Jaya.


7. Nias Selatan

Kapolres Nias Selatan akan dijabat AKBP Reindhard Habonaran Nainggolan yang sebelumnya Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sumut.

Rotasi Besar-besaran:

Rotasi perwira tinggi dan perwira menengah itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/1129/IV/KEP/2021. Telegram ini atas persetujuan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Asisten Sumber Daya Manusia.


Tercatat, ada 348 pejabat yang dirotasi. Koorsahli Kapolri sebelumnya dijabat oleh Irjen Martuani Sormin. Irjen Martuani Sormin dimutasikan sebagai pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.


Koorsahli Kapolri kini dijabat oleh Irjen Teguh Sarwono, yang sebelumnya menjadi Kapolda Bengkulu. Posisi yang ditinggalkan Irjen Teguh kini diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto.


Brigjen Mulyanto, yang sebelumnya menjabat Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri, digeser menjadi Widyaswara Kepolisian Utama. Posisi yang ditinggalkan Brigjen Mulyanto kini dijabat oleh Brigjen Nasri.


Brigjen Asby Mahyuza, yang sebelumnya menjabat Wakapolda NTB, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karotekkom Divisi TIK Polri. Posisi yang ditinggalkan oleh Brigjen Asby dijabat oleh Brigjen Ruslan Aspan.


Brigjen Ruslan sebelumnya menjabat Karojianbang Lemdiklat Polri. Jabatan tersebut kini diisi oleh Brigjen Juansih.(BG/DC)



TRENDINGMore