NEWSPENDIDIKANPERISTIWASUMUT

Agincourt Resources Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi

Kamis, 05 Agustus 2021, 20:32 WIB
Last Updated 2021-08-05T13:33:19Z
Agincourt Resources Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi.


TAPSEL-BERITAGAMBAR : 

PT Agincourt Resources (AR) sebagai pengelola Tambang Emas Martabe Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan kembali menyalurkan Beasiswa Martabe Prestasi tahun ajaran 2021/2022 senilai Rp 1,51 miliar kepada 246 pelajar dan mahasiwa berprestasi, Kamis (5/8).


Penganugerahan Beasiswa Martabe Prestasi yang digelar di gedung amphitheater Sopo Daganak, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, dihadiri perwakilan Manajamen PTAR, Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, Cabang Dinas Pendidikan Padangsidimpuan, Muspika Batangtoru dan Muara Batangtoru serta perwakilan para orang tua dan tokoh masyarakat.


General Manager Operations PT.AR, Rahmat Lubis mengatakan program Beasiswa Tambang Emas Martabe yang disebut Beasiswa Martabe Prestasi merupakan salah satu program unggulan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang Pendidikan yang dilaksanakan oleh PTAR. 


Program beassiswa yang sudah berjalan selama tiga tahun itu bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru dalam mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.


“Proses penerimaan Beasiswa Martabe Prestasi Tahun 2021 melalui seleksi dimulai sejak Februari hingga 25 Juli 2021.Jumlah penerima beasiswa mulai tingkat SD sampai Perguruan Tinggi sebanyak 188 orang serta 58 orang penerima beasiswa lanjutan, sehingga total penerima beasiswa tahun ini mencapai 246 pelajar dan mahasiswa dengan nilai Rp 1,516,960,000,” ujar Rahmat.


Rahmat menjelaskan Program Beasiswa Martabe Prestasi yang dimulai sejak 2017 telah sukses diselenggarakan hingga tahun ini dengan total jumlah penerima di semua jenjang sebanyak 967 orang siswa serta total beasiswa yang disalurkan mencapai Rp 3.666.895.000,- 


“Harapan kami melalui Beasiswa Martabe Prestasi ini dapat memotivasi pelajar dan mahasiswa agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya, dengan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan dan juga Sumatra Utara,” harapnya..


Program Beasiswa Martabe Prestasi, ungka Rahmat dibagi dalam Tiga Kategori yakni Penghargaan Prestasi Akademis (PPA) bagi siswa SD dan SMP sederajat, Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB) bagi siswa-siswi SMA sederajat, Mahasiswa Diploma III dan Strata-1.


Selanjutnya Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus) yang diperuntukan bagi siswa-siswi dari keluarga kurang mampu yang diterima di Sekolah unggulan tingkat SMA yang telah ditetapkan oleh Panitia Martabe Prestasi. 


"Pada tahun 2021 ini ada 4 sekolah unggulan tingkat SMA yang kami targetkan yaitu SMAN 2 Balige, SMA Unggul DEL, SMA N 1 Matauli Pandan dan SMA N 2 Plus Sipirok. kami terus mencari peluang untuk mendorong lebih banyak siswa yang bisa masuk ke sekolah unggulan," tutur Rahmat.


246 penerima Beasiswa Martabe Prestasi 2021 tersebut terdiri dari 83 jenjang SD untuk Kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA), 45 siswa jenjang SMP dengan Kategori Penghargaan Prestasi Akademis (PPA), 12 siswa jenjang SMA/sederajat untuk Kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan (PPB), 17 siswa jenjang SMA untuk kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan Khusus (PPB Khusus), 13 mahasiswa jenjang D3 & S1 PTN negeri dan swasta di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), dan 18 mahasiswa jenjang D3 & S1 PTN Negeri wilayah luar Tabagsel (Nasional).


Penerima beasiswa jenjang SD/Sederajat mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah dengan nilai maksimal Rp.500.000 dan Rp.750.000 bagi siswa SMP/Sederajat. Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan


Untuk siswa SMA/Sederajat sampai kelas XII (dua belas) akan mendapatkan Rp. 3.000.000/tahun; Bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam) akan mendapatkan Rp. 6.000.000/tahun, 


Bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi Negeri & ZSwasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan) akan mendapatkan Rp. 6.000.000/tahun, mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri nasional sampai semester ke-6 (enam) akan mendapatkan Rp. 12.000.000/tahun dan mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi Negeri sampai semester ke-8 (delapan) Rp. 12.000.000/tahun.


 


Senior Manager Corporate Communications, Katarina Siburian Hardono menambahkan Program Beasiswa Martabe Prestasi merupakan salah satu tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkontribusi dalam memberikanakses pendidikan yang layak pada masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah operasional perusahaan.  


"Program Beasiswa Martabe Prestasi ini digagas untuk mengurangi angka putus sekolah bagi masyarakat lokal khususnya kelompok rentan dan keluarga miskin yang memiliki prestasi untuk mendapatkan pendidikan layak di semua tingkatan, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat universitas dan PTAR berkomitmen untuk dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa ini setiap tahunnya,” kata Katarina. 


Katarina menegaskan Program Beasiswa Tambang Emas Martabe telah memberikan manfaat dan kontribusi nyata dalam menciptakan akses pendidikan layak bagi semua orang, khususnya di wilayah operasional perusahaan. Bahkan, program ini telah meraih penghargaan Didakta Pratama Unggul di ajang CSR Indonesia Awards 2021.


Plt.Camat Batang Toru Arman Pasaribu mengapresiasi PT.AR yang telah berkomitmen memajukan pendidikan dan generasi muda dengan memberikan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa berprestasi.(BG/HT)


TRENDINGMore