ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

Antisipasi Pasang ROB, Sisi Sungai Labuhan Ruku Dibenteng

Sabtu, 07 Agustus 2021, 17:28 WIB
Last Updated 2021-08-07T10:29:28Z

 

Alat berat excavator jenis Amphibi bekerja melakukan pembentengan pinggir sungai sekaligus pendalaman sungai di Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Batubara.



BATUBARA-BERITAGAMBAR : 

Pembentengan pinggir Sungai Batubara di Kelurahan Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi berlangsung dan telah memasuki 50 persen pekerjaan.


Warga berharap dilakukan pembentengan dengan meninggikan sisi sungai valome pasang yang menggenangi daratan dapat tertekan dampak dari kondisinya yang telah mengalami kerendahan/penurunan. 


Dipicuh lagi aliran sungai mengalami pendangkalan berat membuat air laut leluasa tercurah menggenangi daratan permukiman yang menimbulkan kegelisahan warga.


"Ini terlaksana tak terlepas perhatian Bupati Batubara Ir.H.Zahir, M.AP yang tidak mau melihat warganya yang terus dilanda kegelisahan akibat bulanan pasang yang menggenangi permukiman warga," tukas Iqbal dan Tri Ramadhan yang akrab disapa Dedek tokoh pemuda setempat kepada Waspada menanggapi pekerjaan pembentengan dan pendalaman sungai dilakukan Pemkab Batubara dengan menggunakan alat berat excavator Amphibi, Sabtu ( 7/8). 


 

Menurutnya pasang yang melanda wilayah itu dalam setahun terakhir volumenya tak terhampang menggenangi daratan permukiman dan masuk ke dalam rumah/ ruko warga hingga sampai menjejal sisi Jalinsum yang beberapa tahun lalu tidak pernah terjadi.


 

Kondisi ini diperparah sebagian daratan pinggir yang berada di sebrang sungai telah ditinggikan sebagai upaya pemodal kuat menyelamatkan lahan kebun atau usaha kavlingan mereka dari sasaran pasang.


 

Akibatnya aktivitas warga sekitar menjadi terganggu, terutama untuk membuka usaha jualan di pagi hari karena ruko dan tempat tinggal terendam serta sarana umum pasar lama dan jalan setapak antar gang.

 

"Ya, begitulah kondisi kami alami selama ini jika musim pasang dalam (rob)," terang Iqbal sembari menyatakan kelegahannya jika tergenang pasang  volumenya dapat tertekan tidak separah terjadi selama ini karena sisi sungai telah dibenteng ditinggikan hampir 2 meter dengan menimbunkan tanah dari hasil pengerukan pendalaman sungai.


Manfaat bagi nelayan

Plt Lurah Labuhan Ruku Zainal Abidin, SPd mengakui saat ini berlangsung kegiatan pembentengan pinggir sungai mulai dari Lingkungan II Kampung Nipah hingga Lingkungan III dan V sepanjang lebih kurang 1, 5 km, sekaligus pendalaman mengingat kondisi sungai telah mengalami pendangkalan. Dan pengerjaan kini memasuki 50 persen.


 

Pembentengan pinggir sungai ini juga sebagai merespon permintaan masyarakat kepada Bupati Batubara.


Langkah ini lanjut Zainal tidak saja mengantisipasi volume genangan pasang kedarat, namun pendalaman sungai juga memudahkan sampan tempel dan boat nelayan keluar masuk melaut menangkap ikan dan merapat ketangkahan, selama ini mereka terpaksa menunggu pasang baru dapat bertambat.


"Ini manfaat pekerjaan bagi nelayan memudahkan menjalankan aktivitas melaut,"ujarnya.(BG/REL)



 

  

TRENDINGMore