NEWSPERISTIWA SAMOSIRSUMUT

Hari Ini, Polda Sumut Gelar Kasus Dugaan Persekongkolan "Lelang Proyek" di Samosir

Kamis, 28 Oktober 2021, 09:29 WIB
Last Updated 2021-10-28T02:29:40Z

 

Kasat Reskrim Polres Samosir, AKP Suhartono (kemeja putih) saat memimpin reka ulang kasus pembunuhan terhadap Lamasi Sidabutar di Tomok, Samosir. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kasus dugaan persekongkolan "lelang proyek" TA 2021 di Kabupaten Samosir yang menyita perhatian publik, Hari ini, Kamis (28/10) akan digelar di Polda Sumatera Utara.

Kasus yang sudah ditangani Tipikor Polres Samosir sebulan lalu itu, sudah dilimpahkan ke Polda Sumatera Utara pada Jumat tanggal, 22 Oktober 2021 lalu.


Kasat Reskrim Polres Samosir AKP Suhartono, kepada wartawan, Kamis (28/10) mengaku, hari ini kasusnya akan ada gelar perkara di Poldasu.


Ketika ditanya apakah benar kasus ULP Samosir akan digelar di Polda Sumut? AKP Suhartono membenarkan. "Iya rencana hari ini akan gelar perkara di Polda," ujarnya.


Ia juga tidak menampik ada beberapa perkara yang dilimpahkan ke Poldasu selain kasus proses lelang proyek di UKPBJ Samosir.


Sebelumnya dugaan kasus persekongkolan lelang proyek di Kabupaten Samosir semakin mengemuka, pasca Ketua DPD PDI-P Sumatera Utara Rapidin Simbolon, menanyakan persoalan yang terjadi di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) itu kepada Kapolda Sumatera Utara, baru baru ini.


Ketika itu DPD PDI Perjuangan Sumut dan DPP Projo oleh Wakil Menteri Desa RI Budi Ari Setiadi yang juga kader PDI Perjuangan menggelar vaksinasi di Samosir.


Sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon menanyakan kelanjutan penyelidikan kasus tender di Pemkab Samosir, kebetulan kegiatan diikuti Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.


Untuk diketahui, pada bulan September 2021 lalu, staf dan Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Pemkab Samosir, berada di Unit Tipikor Polres Samosir.

Keberadaan para staf UKPBJ itu di Mapolres Samosir, berkaitan dengan pelaksanaan lelang proyek yang dinilai sarat persekongkolan.


Plt Kepala UKPBJ Samosir Gorman Sagala dan stafnya pernah menjalani pemeriksaan di ruangan Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Samosir. 


Kemudian, kantor UKPBJ beberapa kali disambangi pihak Tipikor Polres Samosir, akibat beberapa paket proyek pengadaan barang dan jasa yang dilelang oleh Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) dibatalkan dan ada yang dilelang ulang.(BG/NET)




TRENDINGMore