NEWSPARIWISATASUMUT

Ruang Terbuka Pantai Bebas Parapat Siap Sambut Wisatawan ke Danau Toba

Rabu, 03 November 2021, 08:19 WIB
Last Updated 2021-11-03T01:21:10Z
Wabup Simalungun H. Zonny Waldi didampingi Camat Girsang Sipanganbolon, Maruwandi Yosua Simaibang dan pihak PUPR saat meninjau bangunan ruang terbuka publik si kawasan Pantai Bebas Parapat.


PARAPAT-BERITAGAMBAR : 

Pembangunan ruang terbuka publik (RTP) Parapat di dua lokasi yakni di Pantai Bebas dan Pelabuhan depan Hotel Atsari Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, diharapkan dapat menjadi 'magnet' atau daya tarik bagi wisatawan di Danau Toba.



Harapan itu dikemukakan Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi, Rabu (3/11).


RTP di kota wisata Parapat itu dibangun oleh Kementerian PUPR dalam rangka mendukung program nasional Destinasi Super Prioritas Pariwisata Danau Toba.


Wabup Simalungun H Zonny Waldi didampingi Camat Girsang Sipanganbolon,  Maruwandi Yosua Simaibang dan pihak PUPR saat meninjau bangunan ruang terbuka publik si kawasan Pantai Bebas Parapat.


Didampingi Camat Girsang Sipanganbolon Maruwandi Yosua Simaibang bersama pihak Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) diwakili Daniel Tambun dan Kolsultan PT Yudia Karya, Usman Iskandar serta beberapa pejabat lainnya, Wabup Zonny Waldi, menyampaikan apresiasi atas pembangunan RTP yang diharapkan dapat menjadi 'magnet' atau daya tarik wisatawan berkunjung ke kota sejuk Parapat untuk menikmati keindahan alam Danau Toba.



" Pembangunan ruang terbuka ini luar biasa, kita harapkan menjadi daya tarik atau magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota wisata Parapat dalam rangka menikmati keindahan alam Danau Toba yang merupakan salah satu program nasional Destinasi Super Prioritas Pariwisata Danau Toba," tegas Wabup.



Dalam peninjauan itu, Wabup juga menyampaikan bahwa, pembangunan RTP Parapat  tersebut hingga saat ini sudah mencapai sekitar 99% dengan kondisi yang baik, begitupun sarana pendukungnya juga bagus dan akan segera diresmikan. 



" Dalam waktu dekat RTP ini akan diresmikan dan terbuka untuk umum. Pengunjung tidak dipungut biaya. Diharapkan dengan adanya RTP ini, ke depan kota wisata Parapat tidak hanya sebagai kota transit atau sebagai pintu gerbang akan tetapi sebagai daerah tujuan wisatawan dan bermalam di kota Parapat," ujar Wabup.



Selanjutnya Wakil Bupati juga berharap nantinya dari Kota Parapat akan lahir sanggar-sanggar seni, home stay, hotel-hotel berbintang lima. 



"Saat ini andalan kita hanya Niagara hotel, semoga kedepan ada hotel-hotel bertarap nasional maupun internasional di Parapat ini," tambahnya lagi.



Disela kunjungannya, Wabup yang juga mantan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Pemprovsu itu mengajak masyarakat Simalungun dan secara khusus masyarakat di kota Parapat agar menjaga dan merawat aset ini secara bersama-sama, karena bangunan RTP itu merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Simalungun.(BG/FS)


TRENDINGMore