NEWSPERISTIWASUMUT

Binjai Status Waspada Dampak Typhoon Rai

Senin, 20 Desember 2021, 12:36 WIB
Last Updated 2021-12-20T05:37:35Z

 

Pelaksana BPBD Kota Binjai sedang memberikan pengarahan kepada anggotanya.

BINJAI-BERITAGAMBAR :

Kota Binjai termasuk salah satu dari Kota Kabupaten yang berdampak hujan lebat di Provinsi Sumatera Utara dan berstatus Waspada.


Status Waspada dampak Typhoon Rai di Kota Binjai ini dibenarkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, Zulfikar.


 Menurutnya, untuk Kota Binjai yang perlu diwaspadai adanya kiriman air dari Hulu.


"Tentunya yang perlu kita antisipasi seperti curah hujan yang tinggi serta kiriman air dari Hulu. Sebab Kota Binjai dibelah dengan tiga Sungai, yaitu Sungai Mencirim, Sungai Bangkatan dan Sungai Bingai. Untuk itu Banjir kiriman yang harus kita waspadai," ungkap Zulfikar, saat dikonfirmasi, Senin (20/12).


Lebih lanjut dikatakan Zulfikar, adapun Hulu dari Sungai Bingai yaitu dari daerah Namu Sira Sira dan Lau Berteh. Hal ini menjadi prioritas yang harus diwaspadai terjadinya banjir kiriman.


Tidak hanya itu, bertemunya ujung dari ketiga aliran Sungai ini (Sungai Mencirim, Sungai Bangkatan dan Sungai Bingai) dengan Sungai dari Langkat yaitu Sungai Wampu, juga menjadi hal yang sangat perlu sangat diwaspadai. 


Diakui Zulfikar, guna mengantisipasi terjadinya banjir, pihaknya selalu melakukan pengukuran Tinggi Muka Air (TMA) di ketiga Sungai yang dimaksud. 


"Kami juga meminta kepada masyarakat dikawasan yang sering tergenang banjir, untuk ikut membantu berjaga jaga dan mengantisipasi apabila air sudah mulai naik," himbau Zulfikar. 


Sebagai bentuk antisipasi, lanjutnya, Pihaknya juga mendirikan Pos Pemantauan TMA di daerah Namu Sira Sira. 


Dirinya juga menambahkan, berdasarkan rapat yang baru berlangsung dengan BPBD Sumatera Utara, Kota Binjai merupakan daerah yang kecil untuk resiko bencananya.


Diketahui, berdasarkan data dari BMKG wilayah I Medan, adapun daerah yang berstatus "Waspada" dampak Typhoon Rai di wilayah Sumatera Utara adalah Asahan, Kota Tanjung Balai, Labuhan Batu Utara, Padang, Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Nias Selatan, Simalungun, Kota Medan, Humbahas, Batubara, Labuhan Batu, Langkat, Paluta, Nias, Nias Barat, Kota Tebing Tinggi dan Kota Binjai (BG/GR).





TRENDINGMore