EKONOMINEWSSUMUT

TPAKD Percepat Akses Keuangan Daerah Dukung Pertumbuhan Ekonomi Regional

Rabu, 08 Desember 2021, 12:54 WIB
Last Updated 2021-12-08T05:54:15Z
WAKIL Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar (tengah) didampingi Kepala Biro Perekonomian Propsu, Kabag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Regional V Sumbagut dan pimpinan OPD foto bersama usai membuka Rapat Pleno Semester II TPAKD Kabupaten Deliserdang Tahun 2021 di Wing Hotel Kualanamu Deliserdang Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batangkuis, Rabu (8/12).



DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) adalah forum koordinasi bagi lembaga pemerintah, pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.


Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan hal itu dalam sambutan disampaikan Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar saat membuka Rapat Pleno Semester II TPAKD Kabupaten Deliserdang di Wing Hotel Kualanamu Deliserdang Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batangkuis, Rabu (8/12).



Dikatakannya, tujuan dibentuknya TPAKD adalah untuk mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif.


Sesuai dengan arah rencana program kerja TPAKD 2021-2025 telah disusun program kerja TPAKD Kabupaten Deliserdang yang berisi program UMKM pro digital, UMKM naik kelas one vilage one agen, satu rekening satu pelajar dan penguatan kapasitas kinerja TPAKD yang telah disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara dengan Surat Bupati Deliserdang Nomor 500/570 tanggal 16 Februari 2021 yang berisi target yang telah disusun per Triwulan untuk tahun 2021.


Tujuan rapat pleno yaitu pelaksanaan fungsi monitoring dan evaluasi serta realisasi program kerja TPAKD Kabupaten Deliserdang Semester II dan membahas program kerja TPAKD Deliserdang untuk Tahun 2022. 


Dengan hadirnya lembaga jasa keuangan Perbankan di wilayah kerja Lubukpakam diharapkan dapat berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Perangkat Daerah Kabupaten Deliserdang dalam merumuskan program kerja TPAKD Kabupaten Deliserdang Tahun 2022.


Tak kalah pentingnya agar setiap program kerja yang dipilih adalah program yang mendukung pembangunan potensi Kabupaten Deliserdang dan sejalan dengan arah pembangunan Kabupaten Deliserdang.


"Semua pihak TPAKD yang terlibat, perangkat Daerah, lembaga jasa keuangan yang berkaitan langsung dalam percepatan target diharapkan agar bekerjasama dengan lebih baik lagi guna mencapai target yang telah ditetapkan"harap Bupati.


Sebelumnya, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Deliserdang, Sri Ekayani,S.Sos,MAP, selaku Ketua panitia dalam laporannya menjelaskan tujuan kegiatan untuk monitoring dan evaluasi realisasi program kerja TPAKD Kabupaten Deliserdang Semester II dan membahas program kerja TPAKD Kabupaten Deliserdang Tahun 2022.


Realisasi program kerja TPAKD Kabupaten Deliserdang secara umum mengakomodir 5 program dan 17 kegiatan yang 70 persen telah tercapai. Beberapa kegiatan tersebut adalah perihal asuransi nelayan berkaitan refocusing anggaran dan asuransi petani. (BG/DR)





TRENDINGMore