EKONOMINEWSSUMUT

Gubsu Resmikan Rusun di KEK Sei Mangkei

Kamis, 06 Januari 2022, 08:32 WIB
Last Updated 2022-01-06T01:33:54Z

 

Gubsu Edy Rahmayadi disaksikan Wabup Simalungun Zonny Waldi menandatangani prasasti peresmian Rusun di kawasan KEK Sei Mangkei.


SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR : 

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dan Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi meresmikan Rumah Susun (Rusun) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei Kabupaten Simalungun, Rabu (5/1). 



Sebagaimana direncanakan, Rusun tersebut ditujukan untuk para pekerja yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei agar mempercepat perkembangan kawasan industri dimaksud. Sebanyak 60 unit rumah susun tersebut berlokasi di Jalan Keramat Kubah, Kelurahan Perdagangan II Kec. Bandar Kab. Simalungun. Sedangkan keberadaan dan posisi Rusun ini strategis untuk hunian karena aksesnya mudah dijangkau.



Gubsu Edy Rahmayadi mengharapkan, kawasan KEK Sei Mangkei agar tetap tertata dengan baik dan sesuai rencana awal, karena KEK Sei Mangkei ini akan menjadi kawasan besar dan maju.



Menurut Gubsu, keberadaan Rusun yang terintegrasi dengan KEK Sei Mangkei, diharapkan akan mempercepat pertumbuhan kawasan ini. Selain itu, pembangunan Rusun juga perlu dibarengi fasilitas lainnya seperti sekolah, rumah ibadah dan lainnya. 



"Lokasinya tidak boleh salah menentukannya termasuk sekolah, tempat ibadah, pasar, tempat olahraga dan lainnya. Kita harus rencanakan dengan baik," tandas Gubsu.



Sementara itu, Direktur Perkebunan Nusantara, Edward Samantha Ginting menjelaskan, sebanyak 60 unit Rusun yang telah diresmikan merupakan tipe 36. Rencananya akan dibangun total enam tower Rusun untuk memenuhi hunian pekerja di KEK Sei Mangkei.



" Ada tambahan paling tidak 10 tenant di tahun 2022, itu akan menyerap ribuan tenaga kerja karena saat ini satu industri sekitar 500 karyawan. Jadi perlu kita persiapkan demi kelancaran kawasan ini," ujar Edward.



Sedangkan Wakil Bupati Simalungun menyampaikan terimakasih atas dibangunnya Rusun di  KEK Sei Mangkei. " Dengan diresmikannya rumah susun ini diharapkan akan mempercepat pertumbuhan kemajuan kawasan KEK Sei Mangkei,” kata Zonny Waldi, seraya menambahkan kalau kawasan ini sudah maju, dengan sendirinya perekonomian masyarakat di Simalungun akan meningkat.



Dalam peresmian rumah susun tersebut, juga terlihat hadiri Bupati Batubara, Zahir, Kapolres Batubara Ikhwan Lubis. Hadir juga jajaran PTPN III, investor Sei Mangkei dan beberapa OPD Pemprov Sumut terkait.(BG/HS)




TRENDINGMore