DELISERDANGEKONOMINEWSSUMUT

Pengolahan Durian Ekspor China dan Singapura di Deliserdang

Selasa, 18 Januari 2022, 06:30 WIB
Last Updated 2022-01-17T23:30:42Z

 

CEO PT Agro Semesta Utama, Muhammad Syarif, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Deliserdang, T Muhammad Zaki Aufa saat memotong pita tanda diresmikannya pabrik pengolahan universal durian kedua. 



DELISERDANG-BERITAGAMBAR : 

PT Agro Semesta Utama meresmikan pabrik pengolahan universal durian kedua menjadi durian beku (daging) yang di ekspor ke negara China dan Singapura di Komplek KIM (Kawasan Industri Medan) Star di Tanjungmorawa Kabupaten Deliserdang, Senin (17/1).


CEO PT Agro Semesta Utama, Muhammad Syarif dalam sambutannya mengatakan, pabrik tersebut diperuntukkan untuk mendukung tingginya permintaan durian di pasar Asia dan Eropa. Pabrik tersebut adalah yang kedua setelah pabrik pertama sudah beroperasi di Galang Kabupaten Deliserdang.


"Pabrik pengolahan pertama beroperasi Tahun 2014 untuk memenuhi permintaan pasar domestik. Seiring berkembangnya permintaan pasar internasional, pabrik kedua dioperasikan untuk memenuhi permintaan ekspor ke Malaysia, Hongkong, China dan Singapura, dengan produksi 200 ton per bulan," katanya.


Kedepan, M Syarif berencana akan mengembangkan ekspor durian beku dengan kapasitas 10 ton per hari, sehingga bisa memenuhi ekspor ke Eropa. Dengan penambahan ekspor itu, diharapkan dapat menyerap jumlah tenaga kerja hingga 200 orang.


Menurutnya, pabrik tersebut merupakan pabrik tersebar di Sumatera, menampung hasil buah durian dari Aceh, Sumut hingga Lampung. Dengan itu, pihaknya akan menambah permintaan buah durian, sehingga petani durian tidak perlu kuatir menjual hasil panennya.


Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Deliserdang, T Muhammad Zaki Aufa, dalam sambutannya menyambut baik kehadiran pabrik kedua di Tanjungmorawa Kabupaten Deliserdang. Dia berharap, keberadaan pabrik dapat membantu masyarakat menyediakan kesempatan kerja. (BG/KS).




TRENDINGMore