NEWSPARIWISATASAMOSIRSUMUT

AKPAR Paramitha Bukittinggi Belajar Pariwisata ke Samosir

Selasa, 08 Februari 2022, 21:40 WIB
Last Updated 2022-02-10T09:43:52Z

 

Rombongan AKPAR Paramitha Bukittinggi Propinsi Sumatera Barat, melakukan Study Tour ke Kabupaten Samosir. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Akademi Pariwisata (AKPAR) Paramitha Bukittinggi, Sumatera Barat Study Tour atau kaji banding ke Kabupaten Samosir, Selasa (8/2).


Rombongan AKPAR Paramitha disambut Kepala Dinas Pariwisata Samosir Tetty Naibaho didampingi Kabid Promosi dan Pemasaran Dispar Samosir Shany Nainggolan.


Tetty Naibaho, menyampaikan selamat datang di Samosir, dan  silahkan menikmati keindahan alam Danau Toba dan Budayanya.



Dalam kaji banding ini, AKPAR Paramitha, mengunjungi sejumlah objek wisata budaya, antara lain Tomok, Kampung Ulos Huta Raja, Perkampungan Siraja Batak Sigulatti dan Pusat Informasi Geopark. Selain itu, rombongan juga memanjakan mata untuk menikmati keindahan alam Samosir dan Danau Toba dengan mengunjungi Bukit Sibea-bea dan Kawasan Tele.


Saat mengunjungi Tomok, para Mahasiswa tampak antusias mendengarkan kisah patung Sigale-gale yang diceritakan guide lokal di objek tersebut. Bahkan, mereka ikut bersuka ria dengan manortor bersama patung Sigale-gale diiringi musik Batak.


Begitu juga di Kampung Ulos Huta Raja, para mahasiswa tampak serius menyaksikan tangan-tangan kreatif perempuan Batak dalam menenun, menggulung benang dan menerangkan proses pembuatan Ulos Batak.


Beberapa mahasiswa juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait Ulos Batak dan rumah adat Batak yang berdiri kokoh di sepanjang Huta Raja.


Kepada Kepala Dinas, salah seorang dosen Akpar Paramitha, Rinaldi,  mengaku sangat kagum pada Samosir. Dia mengatakan bahwa Samosir benar-benar sebuah negeri indah kepingan surga, dimana objek-objek wisata di hampir seluruh kawasan memang begitu indah, ditambah dengan hotel yang sangat nyaman dan disempurnakan dengan pelayanan yang baik.


Rinaldi berharap, pariwisata Samosir ke depan semakin maju dan studi lapangan seperti saat ini semakin sering dilaksanakan di Samosir.


"Nanti kita akan bantu promosikan Samosir. Promosi dari mulut ke mulut saya kira sangat bagus. Kita akan sampaikan ke teman-teman di Sumatera Barat agar mengunjungi Samosir ini," ujarnya.(BG/TS)





TRENDINGMore