NASIONALNEWSPERISTIWA

Buntut Kasus Suap Bupati Bogor, BPK Copot Kepala Perwakilan Jabar

Kamis, 28 April 2022, 09:37 WIB
Last Updated 2022-04-28T02:37:47Z
Badan Pemeriksa Keuangan mencopot Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat Agus Khotib. Pencopotan itu dilakukan buntut operasi tangkap tangan yang melibatkan Bupati Bogor Ade Yasin dan pegawai BPK Perwakilan Jabar.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencopot Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat (Jabar) Agus Khotib. Pencopotan itu dilakukan buntut operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan Bupati Bogor Ade Yasin dan pegawai BPK Perwakilan Jabar.


"Sejalan dengan hal tersebut, kami sudah menonaktifkan kepala perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat," kata Ketua BPK Isma Yatun dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022).


Dalam OTT terhadap Ade Yasin itu memang tidak ada nama Agus Khotib. Namun, ia dicopot oleh BPK pusat dari jabatan sebagai Kepala BPK Perwakilan Jabar karena bawahannya terlibat suap dalam kasus Bupati Ade Yasin.


Tak hanya itu, Isma Yatun menyebut pihaknya juga mencopot staf yang menjadi tim pemeriksa untuk kasus ini. Pihaknya tidak segan-segan akan memproses seluruh pegawai yang diduga terlibat dalam kasus ini.


"Demikian juga dengan beberapa staf yang menjadi tim pemeriksa untuk kasus terkait ini. Kami juga akan memproses seluruh pegawai yang diduga terlibat dalam peristiwa ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui majelis kehormatan kode etik di BPK," ujarnya.


Diketahui, KPK membeberkan hasil operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin dkk. Total ada 8 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.


Berikut daftar 8 tersangka yang disampaikan oleh Firli:


Pemberi Suap:

1. Ade Yasin, Bupati Kabupaten Bogor periode 2018-2023

2. Maulana Adam, Sekdis Dinas PUPR Kabupaten Bogor

3. Ihsan Ayatullah, Kasubid Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor

4. Rizki Taufik, PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor


Penerima Suap:

1. Anthon Merdiansyah, Pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Kasub Auditorat Jabar III/Pengendali Teknis

2. Arko Mulawan, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Ketua Tim Audit Interim Kabupaten Bogor

3. Hendra Nur Rahmatullah Karwita, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Pemeriksa

4. Gerri Ginajar Trie Rahmatullah, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Pemeriksa.(dtc)

TRENDINGMore