NEWSSAMOSIR

26-29 Mei, Silau Raja Gelar Rakernas di Samosir

Senin, 16 Mei 2022, 09:15 WIB
Last Updated 2022-05-16T02:16:53Z

Panitia Rakernas I Punguan Silauraja Indonesia.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Punguan Silauraja Indonesia melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Samosir, Sumatera Utara. Rakernas tersebut bertujuan untuk menyusun rencana program kegiatan prioritas sebagai langkah kegiatan konkrit.


Rakernas dilaksanakan di Parbaba, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, 26-29 Mei 2021 dan diikuti 150 peserta dari unsur DPP, DPD dan DPC seluruh Indonesia. Protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19 diterapkan secara ketat selama kegiatan.


Ketua Panitia Rakernas, Julonggo Gurning, dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/) menjelaskan bahwa ada 3 kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu Malam Keakraban, Rakernas sekaligus penandatanganan prasasti peresmian Gapurna Hutan wisata Ompu Silauraja Namartua Sioma Samosir dan Napak Tilas ke lokasi cagar budaya milik Silauraja di berbagai tempat di Samosir.




Di tempat terpisah, Joni Walker Manik selaku Ketua Sterring Committee menjelaskan akan menentukan berapa jumlah utusan yang menjadi peserta untuk rakernas dan akan menentukan untuk membuat arah, sasaran serta tujuan dilaksanakan rakernas.


Ketua Umum Punguan Silauraja Indonesia, Daslan Malau, menegaskan bahwa Samosir dijadikan lokasi Rakernas I sebagai wujud mendukung pemerintah mempromosikan Samosir sebagai destinasi wisata terdepan di Indonesia sekaligus memperkenalkan Kawasan Hutan di Sioma yang telah diserahkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan seluas 327 ha yang akan diprogramkan sebagai hutan wisata baru di Samosir.



 

Hutan wisata Silauraja di Sioma akan dijadikan ikon pariwista dan sarana pembangunan ekonomi masyarakat dan Pomparan Ompu Silauraja dengan membuat daerah tersebut sebagai tempat wisata budaya religi, pertanian terpadu berupa peternakan dan perkebunan bersinergi serta Camping Ground Area, tegas Wilman Malau Waketum bidang pelestarian situs.


Punguan Silauraja Indonesia mengedepankan konsep kekerabatan sesama saudara atas marga Malau, Manik, Ambarita dan Gurning bersama Boru, bere baik di Indonesia maupun di luar negeri seperti motto Si Sada Lulu Anak Si Sada Lulu Boru.

TRENDINGMore