NEWSPARIWISATASUMUT

H+ 3 Idul Fitri 2022, Kota Turis Parapat Ramai Dikunjungi Wisatawan

Rabu, 04 Mei 2022, 16:38 WIB
Last Updated 2022-05-04T09:38:59Z
Wisatawan di ruang terbuka publik Kota Parapat dihibur tarian khas Simalungun.


PARAPAT-BERITAGAMBAR :

Hari ketiga pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kota Turis Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon Kabupaten Simalungun ramai dikunjungi wisatawan.


Diperkirakan ribuan pengunjung memadati objek wisata pantai itu.


Dan ruas jalan nasional Parapat-P Siantar kondisinya sangat padat, diperkirakan rata-rata 1.000 unit kenderaan bermotor melintas setiap satu jam. 


Pelakana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, Sabar Pardamean Saragih Rabu (4/5) mengatakan, dengan tingginya jumlah kendaraan yang melintas per jam, kondisi arus lalu lintas di Kota Parapat yang merupakan lintasan menuju kawasan Toba, padat merayap. 


"Secara umum kondisi arus lalu lintas Parapat sebagai jalan lintas menuju Toba padat merayap dan sesekali macet," ujar Sabaruddin. 


Untuk mengantisipasi kemacetan panjang petugas Dinas Perhubungan ditempatkan selama 24 jam untuk mengatur arus lalu lintas tidak berlapis-lapis. Sebelumnya, Camat Girsang Sipanganbolon Josua M Simaibang mengatakan, puncak kunjungan wisatawan ke Parapat diprediksi terjadi pada hari keempat dan akhir pekan pasca lebaran. 


Saat ini kunjungan wisatawan per hari rata-rata masih di bawah 5000, namun pada hari keempat hingga akhir pekan nanti pasca lebaran diperkirakan akan mencapai puncaknya bisa antara 10 ribu hingga 12 ribu orang sehari," pungkasnya.


Tingginya kunjungan wisatawan ini disebabkan tidak adanya larangan mudik dan tempat wisata dibuka seratus persen, " Ujar Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Yosua Simaibang.




Maruwandi Y Simaibang juga menyampaikan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Touris Parapat tentunya memberikan pendapatan baru bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) di sekitar lokasi wisata 


(BG/TS)


TRENDINGMore