NEWSSUMUT

Uji Kompetensi Wartawan di Medan Sukses

Sabtu, 28 Mei 2022, 14:51 WIB
Last Updated 2022-05-28T08:15:46Z
Foto bersama seusai penutupan Uji Kompetensi Wartawan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers menggandeng PWI Sumatera Utara (Sumut), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan ANTV di Medan, Sumut, berjalan sukses.


UKW yang digelar dalam dua hari mulai Jumat (27/5/2022) dan Sabtu (28/5/2022) di Hotel Cambridge, Medan ini ditutup oleh Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik.


"Alhamdulillah pelaksanaan UKW ini berjalan baik," katanya saat penutupan kegiatan, Sabtu siang.


Farianda mengatakan, UKW kali ini diikuti oleh beberapa peserta baik dari kalangan Jurnalis Televisi, anggota PWI Sumut dan juga peserta dari anggota AJI.


Khusus peserta dari kalangan anggota PWI Sumut sebanyak 30 peserta yang terdiri dari 6 peserta untuk mengikuti ujian pada jenjang UKW Utama, 12 orang pada jenjang UKW Madya dan 12 peserta pada jenjang UKM Muda.


"Ke depan kita akan melakukan beberapa kegiatan UKW lagi. Saya berharap ini akan membuat wartawan yang menjadi anggota PWI di Sumut merupakan wartawan-wartawan yang kompeten,” ujar Farianda.


Sementara itu, Direktur UKW PWI Rajab Ritonga mengatakan ujian UKW merupakan bagian dari kontrol terhadap para wartawan dalam memahami dan mematuhi kode etik jurnalistik. Dengan kegiatan ini diharapkan, para wartawan yang menjadi anggota PWI merupakan sosok-sosok yang kompeten dalam menjalankan profesinya.


"Poinnya adalah bagaimana kita hidup tanpa melanggar kode etik kita. Karena kalau sampai ada pelanggaran etik, maka kompetensinya akan dicabut. Di beberapa daerah kasus seperti itu sudah terjadi," ungkapnya.


Data yang diperoleh, dari 30 peserta yang mengikuti ujian UKW ini, 3 di antaranya masih dinyatakan belum kompeten.(BG/MED)



TRENDINGMore