NEWSPERISTIWASUMUT

Bupati Tapsel Resmikan Pasar Sipagimbar Tapsel

Sabtu, 25 Juni 2022, 15:11 WIB
Last Updated 2022-06-25T08:11:13Z

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu saat menandatangani prasasti peresmian Pasar Rakyat Ramah Lingkungan Sipagimbar.


TAPSEL-BERITAGAMBAR :

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu resmikan Pasar Rakyat Sipagimbar, Kecamatan Saipar Dolok Hole yang mengusung Konsep Green Market (Pasar Ramah Lingkungan), Jumat (24/6).


“Semoga Kehadiran Pasar rakyat dengan konsep ramah lingkungan ini dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Bupati dalam sambutannya pada peresmian Pasar Rakyat itu.


Disampaikan, pasar beranggaran pembangunan sebesar Rp3,6 miliar lebih itu merupakan tugas perbantuan APBN Tahun Anggaran 2021 dari Kementerian Perdagangan RI untuk revitalisasi Pasar Sipagimbar.


Untuk itu Bupati berharap agar pengelola pasar benar-benar melaksanakan tugas dan bisa memperlihatkan aspek manfaat. Kemudian memperhatikan kebersihan dan pemeliharaan agar mampu mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara baik.


“Masyarakat dan seluruhnya pedagang serta pembeli harus ikut merawat serta menjaga Pasar Rakyat ini, sehingga kebersihan lingkungan pasar bisa terjaga dan pada akhirnya masyarakat yang bertransaksi nyaman dan senang,” ujarnya.


Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Tapsel, Novita Sari Wahyuni, dalam laporannya mengetakan, Pasar Rakyat Sipagimbar didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 98/2020 tanggal 20 Desember 2020.


Katanya, Bangunan Pasar Rakyat dengan tipe D tersebut terdiri dari 10 unit kios, 90 unit los, 1 unit tempat ibadah, 1 unit laksasi room, 1 unit ruang tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang, dan perlengkapannya (UTTP), 2 unit MCK, 1 unit rumah potong hewan, 1 unit tempat pengumpulan sampah dan 1 unit ruang pengelola pasar.


Sementara, Camat Saipar Dolok Hole Haris Ritonga mengatakan Pasar rakyat tesebut sudah lama dinantikan masyarakat di wilayah itu. Menurutnya pasar tersebut akan sangat bermanfaat dan akan dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.(BG/YS)

TRENDINGMore