EKONOMINEWSSUMUT

Gubsu Ayo Gunakan Produk Lokal Sumut

Minggu, 05 Juni 2022, 20:23 WIB
Last Updated 2022-06-05T13:23:20Z
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Imbauan agar masyarakat menggunakan produk lokal khas Sumatera Utara, disampaikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Diharapkan penggunaan produk lokal itu dimotori para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut dan juga di instansi pemerintah lainnya.


Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi, saat datang bersama Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis, meninjau sentra sepatu kotama di Sukaramai Medan, Sabtu (4/6).


Ia didampingi Kadis Koperasi dan UKM, Suherman, dan Kepala Biro Perekonomian, Naslindo Sirait, dan Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Aspan Sofian Batubara. Ia disambut pendiri sepatu kotama, Azri.


Seperti sepatu kotama produksi salah satu UKM Sumut untuk pria, wanita dan anak-anak sekolah, menurut Edy, memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari buatan produsen lainya.


"Karena saya imbau OPD dan instansi di Sumatera Utara baik BUMN maupun BUMD untuk keperluan pegawai di kantor agar menggunakan produk lokal," kata Edy.


"Juga saya mengimbau sekolah sekolah di Sumatera Utara terutama SMA dan SMK agar menggunakan sepatu produk Sumatera Utara," ujarnya lagi.


Ia mengatakan penggunaan produk lokal penting untuk mendorong optimalnya belanja wajib 40% untuk produk UMKM dari APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumut.


Selain itu penggunaan produk lokal, juga agar produk yang dihasilkan bisa diserap pasar. Dengan begitu, kata Edy, akan terjadi peningkatan penjualan, dan otomatis produksi bisa meningkat dan akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi.


"Kedua dengan peningkatan pendapatan IKM maka akan terjadi reinvestasi Yang dapat mempertahankan pekerja dan bahkan bisa menambah pekerja dengan demikian akan mengurangi pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat," ujar Edy.


Untuk mendorong pertumbuhan UKM di Sumut, tambah Edy, pemerintah selain akan menggunakan produk lokal, juga melakukan pembinaan melalui pelatihan, bantuan peralatan produksi.


Sementar itu, pendiri sepatu kotama, Azri, menyambut baik imbauan gubernur. Menurutnya, kebijakan ini akan sangat membantu UMKM terus beroperasi. Ia berharap bisa diimplementasikan segera.


"Tentu ini kebijakan yang luar biasa dan mudah-mudahan segera terealisasi. Jadi, itu akan sangat membantu kami UMKM yang cukup kesulitan saat covid-19," kata Azri.(BG/MED)

TRENDINGMore