EKONOMIMEDANNEWS

Mengurangi Angka Penggangguran di Kota Medan Dengan Pelatihan

Jumat, 17 Juni 2022, 10:48 WIB
Last Updated 2022-06-17T03:48:36Z
Pelatihan Barista dari MVI


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Membangkitkan kembali gairah pengusaha baru ekonomi kreatif pasca pandemi di Indonesia khususnya Kota Medan, ternyata tidak banyak tempat kursus yang terjamin dan bersertifikat. 


Melihat bertambahnya penikmat kopi dan gerai kopi bermunculan dan tumbuh subur, persaingan bisnis semakin ketat dan dibutuhkan keahlian yang bisa menguasai teknik-teknik dan takaran khusus kopi di Kota Medan 


Beberapa hari yang lalu, gerak cepat Pemko Medan memberikan pelatihan seperti barista, konten creator, keterampilan menjahit, keterampilan tata boga, keterampilan tata kecantikan, pelatihan website design, dengan pelatihan murah akan memberikan kemudahan bagi warga untuk menciptakan pengusaha baru dan menekan penggangguran, hal ini patut mendapat acungan jempol, jelas Bobby Nasution mewakili Kota Medan di sidang paripurna. 


Menemukan tempat kursus barista di Kota Medan yang bersertifikat BNSP tidak lah mudah. Saat ini kursus barista terbaik dan teruji di Kota Medan dengan mentor dan trainer bersertifikasi handal, juga assesor penguji Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di bidang kopi hanya ada Mulki Vokasi Indonesia (MVI) yang beralamat di Kede Rakyat Jalan Rakyat No. 123 A, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Medan Perjuangan. 


Terbukti saat awak media selesai peliputan tanpa sengaja mengopi di Kede Rakyat, saat itu sedang berlangsung kelas praktek pengujian barista menu signature kopi rempah oleh siswa siswi Poltekpar Medan, Kamis (16/6). 


"Profesi barista semakin digemari di seluruh Indonesia khususnya di Kota Medan, terbukti jumlah cafe-cafe dan gerai kopi yang ada di sudut Kota Medan sudah seperti jamur, tapi apakah semuanya profesional dan kelayakan mereka menjadi barista benar, serta tersertifikasi?," ujar Ahmad Luthfi Hutasuhut,  selaku founder. 


"Dengan materi-materi dasar hingga komplit beserta teknik-tekniknya termasuk tentang roasting, penggunaan mesin kopi, manual brew, kewirausahaan serta service excellent, semua peserta dan siswa  yang kursus di MVI sudah bekerja diberbagai gerai kopi, cafe dan hotel ternama di Kota Medan bahkan di luar Kota seperti ibukota, yang berbeda dari kami adalah materi kekinian dengan cara mengajar yang interaktif, agar peserta pelatihan memahami benar cara meracik kopi berbagai minuman serta memulai usaha kopi, harapannya mereka bekerja sebagai barista profesional atau pengusaha kopi yang membahagiakan keluarganya," terang Luthfi. 


Itu mengapa MVI hadir untuk menjawab tantangan tersebut agar tidak ada yang salah arah dan sia-sia perihal kopi dan barista, siapa pun bisa kursus barista di MVI tanpa terkecuali termasuk yang sudah jadi pengusaha kopi," lanjut Luthfi.(BG/EDS)

TRENDINGMore