EKONOMISNASIONALNEWS

BATIK AIR Terbang Perdana Rute Kualanamu-Kuala Lumpur

Kamis, 14 Juli 2022, 11:07 WIB
Last Updated 2022-07-14T04:07:38Z

Kru pesawat Batik Air.



MEDAN-BERITAGAMBAR :

Maskapai Batik Air membuka rute penerbangan internasional tanpa henti kategori full dari Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deliserdang, Sumatera Utara (KNO) ke Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur KLIA, Malaysia (KUL), mulai 25 Juli 2022 mendatang. 


Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan sebagai tahap awal, Batik Air akan memiliki jadwal penerbangan 1 kali sehari atau 7 kali penerbangan selama seminggu penuh.


Adapun jadwal keberangkatan perdana langsung dari Kualanamu pada pukul 10.05 WIB, dan sampai di Kuala Lumpur pada pukul 10.10 waktu setempat. 


Sedangkan untuk penumpang yang ingin berangkat dari Kuala Lumpur, akan mendapat jadwal berangkat pada pukul 11.00 waktu setempat dan tiba di Medan pada pukul 13.05 WIB.


Dikatakannya, pembukaan kembali rute penerbangan ini akan mendukung upaya aktivitas ekonomi mencakup pariwisata, perdagangan, pendidikan dan sektor lainnya.


"Dengan dibukanya kembali rute Kualanamu-Kuala Lumpur-Kualanamu, diharapkan berkontribusi positif dalam mempermudah penerbangan, dengan memberikan pilihan bepergian menggunakan pesawat udara tujuan Kuala Lumpur dan Sumatera Utara," ujar Danang, Kamis (14/7). 


Disebutnya, penerbangan rute Kuala Lumpur PP, Batik Air akan mengoperasikan pesawat Airbus A320 (12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi). 


Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat.


Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9 persen jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. 


Setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.


Setiap tamu mendapatkan makanan dan minuman (inflight meals), gratis bagasi 20kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg kelas bisnis, dilengkapi hiburan gratis inflight entertainment on demand serta hiburan yang dapat diakses dari perangkat handphone dan tablet didukung oleh Tripper.


Para tamu akan dimanjakan melalui konten-konten yang tersedia seperti beragam film dengan berbagai genre seperti Indonesia, Hollywood, sampai Korea. Selain itu para tamu dapat bermain games, membaca majalah digital dan masih banyak lagi.


Danang mengatakan penerbangan menuju Kuala Lumpur diharapkan akan berkontribusi sebagai salah upaya percepatan pemulihan perekonomian secara regional (kedua negara) di kawasan Asia Tenggara dalam upaya membantu menggerakkan sektor perdagangan, pariwisata serta sektor yang lain.


"Memberikan pilihan baru terbang dari Indonesia ke Kuala Lumpur setelah dari Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangarang Banten (CGK) dan juga semakin mempermudah mobilitas para tamu pelancong dan pebisnis secara langsung dari Indonesia ke Kuala Lumpur PP, " tuturnya. 


Lanjutnya, serta mendukung pengembangan potensi daerah dan negara untuk konektivitas pebisnis, pelancong dan logistik berbagai negara yang terhubung dari Indonesia. 


"Optimis, memperkuat daya saing potensi perdagangan global yang lebih cepat dan tepat, " pungkasnya.


Ia juga mengatakan Batik Air senantiasa menghimbau seluruh pebisnis, wisatawan dan masyarakat yang akan melakukan penerbangan agar mengikuti ketentuan protokol kesehatan dan memastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan sesuai persyaratan terbaru yang ditetapkan oleh masing-masing negara atau kota tujuan.(BG/MED)

TRENDINGMore