MEDANNEWSSUMUT

Gubsu Edy Rahmayadi Irup Apel Pasukan Karhutla

Jumat, 12 Agustus 2022, 16:12 WIB
Last Updated 2022-08-12T09:12:18Z
Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, melakukan pemeriksaan pasukan pada Apel Pasukan karhutla di Lanud Soewondo.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta para pemangku kepentingan dan seluruh pihak terkait, agar siap siaga. Termasuk pemerintah daerah, TNI, Polri dan seluruh instansi terkait, serta organisasi pecinta lingkungan.


“Ini penting, para pemangku kepentingan dan seluruh pihak terkait harus siap siaga dan meningkatkan kewaspadaan, lakukan pencegahan, jangan sampai ada lagi titik api,” ujar Edy Rahmayadi pada Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Karhutla di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Jumat (12/8). 


Karena itu, Edy Rahmayadi meminta, petugas untuk meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dengan memprioritaskan upaya pencegahan. Membangun posko terpadu dengan memanfaatkan teknologi. Berdayakan potensi masyarakat, berikan solusi pada masyarakat serta melakukan langkah penegakkan hukum pada pihak yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan.


Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak yang memberikan keterangan usai apel tersebut mengatakan, Polda Sumut telah memanfaatkan teknologi satelit dengan Aplikasi Lancang Kuning untuk mendeteksi potensi titik api di sejumlah wilayah hutan di Sumut.


"Kita juga melakukan penegakan hukum, namun itu jalan terakhir, bila dilakukan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan, maka segera kita tindak. Saat ini ada 11 tersangka yang kita proses," katanya.(BG/MED)

TRENDINGMore