NEWSSAMOSIR

Sumut Bantu Pemkab Samosir Peroleh Bantuan 12,5 ton Bibit Padi

Sabtu, 24 September 2022, 10:00 WIB
Last Updated 2022-10-20T04:56:18Z
Propinsi Sumatera Utara, bantu Pemkab Samosir Peroleh 12,5 ton Bibit Padi


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir tetap menjalin sinergitas dengan Pemerintah Pusat dan Propinsi dalam peningkatan kesejahteraan petani.


Kali ini, Pempropsu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan memberikan bantuan bibit padi inbrida jenis Ciherang bagi petani di Kabupaten Samosir. 


Plt Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian Kab. Samosir, Tumiur Gultom bersama Rina Anjalasari dari Dinas Ketapang dan Peternakan Propsu menyerahkan langsung bantuan kepada masing-masing kelompok tani di Lagundi-Onan Runggu, Kamis (22/9)


Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Tumiur Gultom menjelaskan, bantuan tersebut merupakan usulan Pemkab Samosir kepada Propinsi Sumatera Utara melalui Dinas Ketapang dan Peternakan Propsu. Melalui berbagai upaya dan komunikasi yang baik dari Bupati Samosir, akhirnya bantuan untuk petani Kabupaten Samosir ditampung dalam Kegiatan Pengembangan budidaya padi inbrida APBD Provsu 2022. Sebanyak 12.500 kg bibit padi diserahkan untuk kelompok tani di 5 kecamatan yaitu, Kec Pangururan, 2.475 kg, Kec Simanindo, 925 kg, Kec Palipi, 4.725 kg, Kec Nainggolan, 1.125 kg, Kec Onan Runggu, 3.250 kg. 


Diharapkan ditanam pada musim tahun ini, antara bulan Oktober-Desember. Produksi padi inbrida Ciherang diperkirakan berada diatas 6 ton per hektar, paling tidak diposisi 6 ton untuk Kabupaten Samosir. Untuk keberhasilan panen, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom mengatakan akan melakukan pendampingan kepada petani, mulai dari persemaian, proses tanam dan pemupukan hingga panen dengan melibatkan penyuluh pertanian disetiap UPTD. 


Tumiur Gultom mengajak petani untuk memanfaatkan benih padi dengan baik, ditanam dengan baik, jangan diberikan kepada kelompok lain, pindah tangan apalagi diperjual belikan. 


"Bapak ibu petani mari tetap komunikasi jika ada kendala. Pengembangan padi ini tidak boleh gagal. Penyuluh dari dinas dan lapangan akan selalu hadir bersama petani. Peruntukannya harus tepat, budidayannya tepat maka kita akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan" kata Tumiur


Tak luput disampaikan ucapan terima kasih kepada Propsu atas perhatian untuk meringankan biaya produksi padi bagi petani." Bantuan ini sangat meringankan beban petani Samosir. Kepan kita akan tetap mengupayakan sarana produksi yang lain baik berupa bibit maupun pupuk yang dibutuhkan petani" ucap Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir mengakhiri.


Sementara itu Rina Andalasari dari Dinas Ketapang dan Peternakan Propsu menyampaikan, bantuan yang disalurkan merupakan usulan dari Pemkab Samosir. Setelah diverifikasi dengan berbagai ketentuan, akhirnya lolos dan bantuan disalurkan. 


Rina berharap, dengan adanya bantuan bibit padi, petani di Kabupaten Samosir dapat meningkat produksi dan produktifitas. 


Dinas Ketapang dan Peternakan Propsu akan tetap membantu Kabupaten Samosir tergantung usulan yang diberikan. "Usulan akan tetap kita tampung, tergantung usulan dari Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir" tambahnya mengakhiri.


Ketua Kelompok Tani Dosroha Kecamatan Onan Runggu Rosinta Gultom mengaku senang dan bangga atas bantuan yang diberikan pemerintah dan berharap kedepannya akan semakin banyak perhatian bagi petani di Kabupaten Samosir.


 "Saya dan anggota kelompok tentu senang dan bangga, semoga Pemkab Samosir semakin sukses dan jaya kedepan" kata Rosinta.(BG/TS)

TRENDINGMore