NEWSPERISTIWASUMUT

Satlantas Polres Humbahas Sosialisasi Tertib Berlalulintas

Kamis, 22 September 2022, 22:41 WIB
Last Updated 2022-09-22T15:41:38Z

 

KAPOLRES Humbahas, AKBP Achmad Muhaimin memotong tumpeng Hari Lalulintas Bhayangkar ke- 67.


DOLOKSANGGUL-BERITAGAMBAR : 

Dalam rangkaian Hari Lalulintas Bhayangkara ke-67, Satlantas Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) gelar sosialisasi tertib berlalulintas. Sosialisasi tadi mengangkat thema, "Polantas yang Presisi pulih dan bangkit bersama menuju Indonesia Maju". Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Merdeka Doloksanggul itu melibatkan seluruh stakholder dan pemangku kepentingan di Wilkum Polres Humbahas, serta para pelajar tingkat SD, SMP, SMA, Kamis (22/9). 


Memeriahkan kegiatan di atas turut ditampilkan marching band SD, dan SMP, Tortor SMAN 1 Doloksanggul, Pertunjukan Pocil Polres Humbahas dalam pengaturan lalulintas dan tarian, Tortor Polwan/ Polki Polres Humbahas, Tortor dari Sanggar Seni Martabe Humbahas, Mossak Batak dari Sanggar Seni Nabasa, Barongsai dari Sanggar Seni Hongsai shi Tebing Tinggi dan pertunjukan Reog Ponorogo. 


Kasat Lantas Polres Humbahas AKP Danil Saragih, dalam laporannya menyampaikan, sebelum puncak kegiatan pihaknya sudah mengadakan kegiatan bakti sosial pemberian bansos 300 peket sembako kepada pengguna kendraan bermotor, betor dan masyarakat ekonomi lemah. Pemberian sembako tersebut juga dirangkai dengan sosialisasi tertib berlalulintas. 


Ditambahkan, bahwa tahun ini lakalantas sangat tinggi di daerah itu. Terhitung Januari-September 2022, tercatat 29 kasus lakalantas. Dari kasus itu, terdapat 27 orang korban meninggal dunia dan luka ringan. Korban meninggal dunia mayoritas berasal dari kalangan pelajar. 


"Untuk menekan tingginya lakalantas ini diperlukan perhatian serius dari semua pihak untuk tertib berlalulintas. Terkait dengan itu, pada kesempatan ini, kita mengundang 1.500 orang pelajar untuk lakukan sosialisasi. Ketika masyarakat dapat disiplin berlalulintas, maka tingkat kecelakaan akan otomatis berkurang,” cetusnya. 


Lebih lanjut, mantan Kapolsek Telun Kenas Polres Deliserdang itu menegaskan, mencegah kebisingan berlalulintas mereka akan tetap menindak knalpot racing/blong. Sebelumnya sudah dilakukan pemusnahan knalpot blong. 


Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin menyampaikan sambutan Kapolri Jendral Pol. Listiyo Sigit Prabowo mendorong semangat kerja jajaran Polantas untuk berkontribusi bagi masyarakat serta membangun komunikasi, kolaborasi dan terus berjuang dalam menyikapi Covid-19. 


Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyematkan Pin Pelopor Keselamatan Berlulintas kepada Pemkab Humbahas diwakili oleh Asisten Pemerintahan Makden Sihombing, perwakilan wartawan Porman Tobing dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara diwakili Irwan Simamora, dan sekaligus pemberian Reward kepada para personil Polres Humbahas yang berprestasi. Selanjutnya, pada puncak acara, dilakukan pemotongan tumpeng Hari Lalulintas Lantas ke-67. 

(BG/HH) 






TRENDINGMore