NEWSSUMUTTABAGSEL

Ketua TP PKK Minta Remaja Perhatikan Kesehatan Cegah Stunting

Sabtu, 29 Oktober 2022, 21:38 WIB
Last Updated 2022-10-29T14:38:51Z
Ketua TP PKK Madina Eli Mahrani Jakfar Sukhairi Nasution saat menghadiri Gerakan Nasional Aksi Gizi di MTsN 2 Madina. 



MADINA-BERITAGAMBAR :

Ketua TP PKK Mandailing Natal (Madina) Eli Mahrani Jakfar Sukhairi Nasution ingin remaja putri memperhatikan kesehatan dan gizi sejak dini untuk mencegah melahirkan anak stunting.


Eli mengatakan remaja harus mulai memperhatikan kondisi kesehatannya sejak remaja dengan mengkonsumsi tablet penambah darah bagi remaja putri khususnya pada siswi SMP dan SMA sederajat telah menjadi program nasional dengan mengkonsumsi 1 kali seminggu sepanjang tahun (52 tablet pertahun).


"Kondisi perempuan yang kurang darah sejak remaja akan berakibat buruk ke depan dan saat hamil nanti bisa menyebabkan anak stunting," kata Eli saat menghadiri Gerakan Nasional Aksi Gizi di MTsN 2 Madina, Kecamatan Panyabungan, Sabtu, (29/10).


Menurut Eli, anemia dapat dicegah sejak dini dengan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah sejak remaja saat ini yang merupakan sasaran yang paling strategis dalam penanganan masalah gizi di Indonesia adalah remaja putri dikarenakan remaja putri akan menjadi calon ibu. 


"Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dan hari Kesehatan Nasional ke-58. Dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada hal ini " terangnya. 


Ada 4 sekolah yang ditetapkan mewakili Kabupaten Madina yaitu, MTsN 2 Madina MAN 1 Madina, SMP Negeri 2, SMA Negeri 1 Panyabungan. Dan berharap kedepan dapat memberikan percontohan yang baik untuk pencegahan stunting di Kabupaten Madina.


"Pemberian tablet tambahan darah bagi remaja putri ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi remaja putri sehingga dapat memutus mata rantai terjadinya stunting, mencegah anemia dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal dalam mempersiapkan generasi yang sehat. Pungkas Eli. (BG/MAD)





TRENDINGMore