MEDANNASIONALPOLITIKUMUM

Plt Ketum PPP, Ganjar Pranowo Berpeluang Besar Capres

Sabtu, 08 Oktober 2022, 15:14 WIB
Last Updated 2022-10-08T08:14:51Z

Ganjar Pranowo berpeluang besar diusung PPP sebagai Capres tahun 2024.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono, mengatakan, sejumlah tokoh-tokoh Indonesia seperti Ganjar Pranowo, berpeluang besar diusung PPP menjadi calon presiden tahun 2024.


Gubernur Jawa Tengah itu sendiri dinilai tidak asing bagi PPP. Ia merupakan keluarga besar PPP. Sebab mertua dan kakak ipar Ganjar merupakan kader PPP di Jawa Tengah.


"Sehingga memiliki histori dan kedekatan hubungan," ujar Mardiono, kepada wartawan usai menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) DPW PPP Sumut, di Hotel Le Polonia, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Jumat (07/10/2022) sore.


"Kita tunggu lain-lain bersuara dulu, secara mayoritas baru kita bawa ke KIB dan mengambil keputusan. Tentunya, Ganjar adalah merupakan toko kita dan pak Ganjar juga keluarga besar PPP dan mertua beliau seorang kiai dan sampai akhir wafatnya di PPP dan kakak ipar beliau Fraksi PPP DPRD Jawa Tengah," ujar Mardiono.


Begitu pun, kata Mardiono, nama Ganjar Pranowo masih dilakukan seleksi hingga akhirnya diputuskan bersama seluruh kader partai gambar ka'bah itu.


Selain Ganjar, tokoh-tokoh yang lain, juga berpotensi untuk diusung PPP. Tetapi, nantinya akan diputuskan kembali dari aspirasi kader se-Indonesia.


"Bisa, (Ganjar) ada peluang, tokoh-tokoh lain ada juga. Tentu kita sedang menyeleksi tunggu suara arus bawah, arus yang kuat. Demokrasi dibangun, kedaulatan di tangan rakyat dan rakyat menentukan itu," kata Mardiono.


Ia mengungkapkan PPP saat ini masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sehingga siapa saja nantinya tokoh yang akan diusung sebagai calon presiden akan diputuskan bersama antara PPP, PAN dan Golkar.


"Teman-teman ketahui bahwa PPP ini ada keterikatan dengan Koalisi Indonesia Bersatu. KIB terus berkomitmen untuk mengawal suara pemilu sampai tahun 2024 ini, bersatu. Mencalonkan presiden dan wakil presiden, tapi saat ini belum diputuskan," jelas Mardiono.


Meski sejumlah pengurus wilayah PPP seperti DKI Jakarta, Banten dan lainnya mengusung Ganjar, namun menurut Mardiono ada mekanisme dan peraturan partai harus dilalui.


"Kita menampung aspirasi dan wilayah, sehingga kita bawa ke Mukernas. Tentu ada proses lagi, kita bicarakan dengan majelis-majelis PPP dan baru menjadi keputusan," tutur Mardiono.


Setelah itu, Mardiono mengatakan setelah itu, baru nama satu tokoh yang diusung dan dicalonkan sebagai Calon Presiden 2024 dibawa ke KIB untuk diputuskan bersama dengan PAN dan Golkar.


"Keputusan itu, belum juga PPP sendiri diputuskan, karena kami bawa KIB. Tentu, partai lain mitra kerja kami seperti Golkar untuk menampung aspirasi dan dari situ lah kita negosiasi dan baru keputusan untuk terbaik di Indonesia ini," ujarnya.(BG/JKT)


TRENDINGMore