DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Nias Barat Diguyur Hujan Deras, Sungai Lahomi dan Moro'o Meluap

Minggu, 13 November 2022, 17:24 WIB
Last Updated 2022-11-13T10:24:10Z

 

Wilayah Kabupaten Nias Barat yang diguyur hujan deras menyebabkan beberapa sungai di daerah itu meluap dan menggenangi rumah warga, Minggu (13/11).

NISBAR-BERITAGAMBAR : 

Sejumlah daerah di Nias Barat dilanda banjir akibat curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah itu. Sungai Lahomi dan Sungai Moro'o meluap menggenangi puluhan rumah warga, Minggu (13/11).


Pantauan di lapangan, banjir yang berasal dari Sungai Lahomi melanda beberapa desa diantaranya Desa Gunung Cahaya, Desa Tiga Serangkai dan Desa Onowaembo. Ketinggian air di beberapa desa tersebut bervariasi antara 20-50 Cm di dalam rumah warga


Hartono, salah satu warga mengatakan akibat meluapnya Sungai Lahomi selain menggenangi puluhan rumah warga,  tanaman padi dan tanaman cabe milik masyarakat mengalami kerusakan.


"Sekarang kan sudah masukmusim panen padi. akibat meluapnya Sungai Lahomi, kami terancam gagal panen termasuk tanaman lainnya," ujar Hartono.


Sementara Sungai Moro' o menurut penuturan Alex Hia, diperkirakan mulai meluap Minggu dinihari sekira skira pukul 02.00 Wib. Air naik dan menggenangi  rumah masyarakat yang berada di sepanjang ruas jalan provinsi yang melintasi Desa Iraonogambo, Desa Lolohia, Desa Sisobambowo dan Desa Iraonogeba.


Alex Hia menambahkan, tinggi air diatas aspal rata-rata 50 cm. Akibat peristiwa meluapnya beberapa sungai di Nias Barat belum ada laporan jatuhnya korban jiwa, namun  peralatan rumah tangga milik  warga serta lahan pertanian masyarakat mengalami kerusakan.(BG/NB)






TRENDINGMore