NEWSPERISTIWASUMUT

Wali Kota Dan Dua Perusahaan Di P.Siantar Terima Lencana Siddhakarya Tingkat Sumut

Selasa, 15 November 2022, 15:38 WIB
Last Updated 2022-11-15T08:38:34Z
Gubsu Edy Rahmayadi menyematkan penghargaan lencana Siddhakarya tingkat Provsu kepada Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani di aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu, Jl. Jend. Sudirman, Selasa (15/11).


PEMATANG SIANTAR-BERITAGAMBAR : 

Wali Kota Pematang Siantar bersama dua perusahaan di Kota Pematang Siantar menerima lencana Siddhakarya tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2022. 


Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan lencana itu kepada Wali Kota Susanti Dewayani dan perusahaan PT Pabrik Es Siantar serta UD Artha di aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu, Jl. Jend. Sudirman, Kota Medan, Selasa (15/11).


Siddhakarya berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya karya prima, yang merupakan penghargaan produktivitas dan gubernur  memberikan di setiap tahun.


Anugerah itu merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam memotivasi dunia usaha agar terus berupaya menerapkan prinsip-prinsip efektivitas, efisien, kualitas dan ramah lingkungan dalam usahanya. Dengan begitu, tetap produktif dan semakin meningkat produktivitasnya.


Gubsu menyebutkan, penganugerahan Siddhakarya merupakan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitas selama tiga tahun berturut-turut.


"Sedang tujuan pemberian penghargaan, untuk mendorong dunia usaha khususnya UMKM dalam meningkatkan kualitas dan prosuktivitas serta daya saing perusahaan," imbuh Gubsu. 


Gubsu berharap, penerima penghargaan Siddhakarya kategori unggul dan berkembang dapat menginspirasi perusahaan lain untuk ikut dalam persaingan di tahun berikutnya. 


Wali Kota juga berharap perolehan penghargaan itu dapat memicu perusahaan-perusahaan lainnya untuk dapat lebih meningkatkan produktivitas demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Pematang Siantar. 


"Ke depan, kita akan melakukan pembinaan tingkat lanjut agar penerima penghargaan dapat kita ikutkan ke tahap nasional," imbuh Wali Kota. 


Sementara, Menejer PT Pabrik Es Siantar Robinson Montesqiu Matondang dan pimpinan UD Artha Remita Gultom senada mengaku bangga atas penghargaan yang mereka terima, apalagi penghargaan itu dari Pemprovsu. 


Keduanya sama-sama berharap ke depannya,  pemerintah lebih perhatian kepada pelaku usaha, agar bisa semakin berkembang dan produktif. 


Sebelumnya, Kadis Tenaga Kerja Provsu H. Baharuddin Siagian dalam laporannya menyebutkan, penyerahan penghargaan itu kepada industri, terutama UMKM, untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas serta daya saing perusahaan, hingga dapat berperan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan pekerja dan masyarakat.    


"Juga memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil menengah dan besar yang telah berhasil dalam peningkatan produktivitas dan dapat jadi teladan serta percontohan standar keberhasilan bagi perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di Sumut," imbuh Baharuddin. 


Menurut Baharuddin, metode penilaian antara lain menyangkut kepemimpinan, perencanaan strategis produktivitas, fokus pada perkembangan manajemen dan sumber daya manusia, pelanggan, perluasan pasar, data dan informasi, analisis serta manajemen proses hasil usaha dan produktivitas.


Sedang peserta, lanjut Baharuddin,  antara lain perusahaan-perusahaan kecil menengah dan besar yang mendaftar secara online dan selanjutnya 

Kemenaker serta Disnaker Provsu melakukan verifikasi dokumen data.


Baharuddin menyebutkan ada enam nominasi perusahaan pemeriksa penghargaan kategori unggul yakni PT Pasific Medan Industri, PT Indofood Sukses Makmur Tbk,  PT Pasar Swalayan Maju Bersama, PT Pabrik Es Siantar dan PTLSU Siantar, CV Mandiri Kopi dan UD Artha.


Sedang penghargaan kategori berkembang yakni PT Tanimas Soap Industries,  PT Adimulia Sarimas Indonesia dan CV Jaya Kencana. 


Selanjutnya, Gubsu memberikan lencana produktifitas kepada wali kota dan bupati sebagai pembina yakni Wali Kota Medan dan Wali Kota Pematang Siantar. 


Harapan ke depan perusahaan penerima penghargaan dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lain untuk ikut dalam persaingan di tahun berikutnya. 


"Semoga perusahaan yang hari ini telah menerima penghargaan, akan mendapatkan penghargaan tingkat nasional dalam penghargaan Paramakarya dari bapak Presiden RI yang akan menyerahkannya di Istana Negara," harap Baharuddin.(BG/PS)





TRENDINGMore