EKONOMINEWSSUMUT

H-1 Natal, Gerbang Tol Medan Amplas Dipadati Pemudik

Sabtu, 24 Desember 2022, 13:59 WIB
Last Updated 2022-12-24T06:59:36Z

Customer Service Supervisor GTO Amplas, Wira Suryo Pratikno saat diwawancarai soal peningkatan jumlah kendaraan pemudik di gerbang tol amplas, Sabtu (24/12).


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Memasuki H-1 Natal yang jatuh pada Minggu 25 Desember 2022 gerbang tol Medan Amplas mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang melintas.


Customer Service Supervisor GTO Amplas, Wira Suryo Pratikno mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan pemudik pada H-1 Natal mencapai 22 ribu dari hari biasanya yang hanya 19 ribu.


Secara presentasi peningkatan ini mencapai 12 persen dari sebelum arus mudik ke arus mudik.


Dia menyebut, puncak arus mudik terjadi pada 23 Desember kemarin.


"Amplas itu puncaknya kemarin kita hitung meningkat 12 persen dibandingkan hari normal.


Hari normal itu 19 ribuan kendaraan, di kemarin 22.300,"kata Customer Service Supervisor GTO Amplas, Wira Suryo Pratikno.


Jalan tol amplas ini dibawah naungan Jasa Marga dengan nama Tol Belmera yang terdiri dari Belawan–Medan–Tanjung Morawa.


Secara keseluruhan Jasa Marga mencatat terjadi peningkatan hingga 6 persen pada arus mudik Nataru ini.


Di hari biasa, sebelum Natal kendaraan yang melintas dari tol Belmera tercatat 85 ribu kendaraan, kini mencapai 91 ribu.


Wira menuturkan, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan hingga menumpuk, pihaknya menyiapkan alat mobile rider yang dibawa petugas untuk jemput bola ke pengemudi yang mengantre.


Sehingga pengemudi yang seharusnya menempelkan kartu ke mesin GTO tak perlu lagi menempelkan karena sudah ada alat mobile rider yang dibawa.


Selain itu, untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya juga menambahkan 1 gerai top up di sebelum pintu keluar sehingga pengemudi tak jauh-jauh turun ke gerbang depan.


Kemudian untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan di jalur lintas Nasional jalan Sisingamangaraja Medan pihaknya bersama Polisi akan mengalihkan arus keluar.


Pengemudi yang awalnya hendak keluar melalui pintu tol amplas akan diarahkan ke pintu tol Tanjung Morawa.


"Kalau pintu keluarnya macet itu kita alihkan juga ke Bandar selamat tetapi itu kalau kemacetan cukup panjang."

TRENDINGMore