MEDANNEWSSUMUT

Pemko Medan Bangun 1.700 Lampu di 8 Ruas Jalan Sebesar Rp 25,7 Miliar

Rabu, 14 Desember 2022, 17:12 WIB
Last Updated 2022-12-14T10:12:59Z
Pembangunan tiang untuk lampu jalan di Jalan Sudirman Kota Medan. Pemko Medan membangun 1.700 lampu jalan yang tersebar di delapan titik ruas jalan di Kota Medan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Saat ini di beberapa ruas jalan di Kota Medan terdapat tiang-tiang kecil yang sedang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan.


Dari amatan Wartawan, tiang-tiang kecil yang sedang dibangun seperti yang ada di sepanjang Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro dan Imam Bonjol.


Saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran membenarkan bahwa tiang -tiang tersebut merupakan proyek milik Pemko Medan.



Dikatakan Irsan, tiang-tiang yang ada di pinggir sejumlah jalan di Kota Medan tersebut untuk lampu jalan, mencontoh seperti yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.


"Benar itu akan dibangun lampu jalan, nantinya akan ada beberapa titik yang dibangun. Namun untuk saat ini kita akan fokus pembangunan di sekitaran Jalan Dipenogoro Medan," jelasnya.


Dikatakan Irsan, ada sekitar 1.700 lampu jalan yang sedang dibangun oleh Pemko Medan.


"Nanti akan terpasang di delapan ruas jalan diantaranya Jalan Gatot Subroto, Sudirman, Tengku Imam Bonjol, Putri Hijau, Katamso, Juanda dan Suprapto," jelasnya.


Pembangunan ini, katanya, dilakukan untuk memodernisasi lampu yang ada di Kota Medan, agar terlihat lebih cantik dan enak dilihat.


"Konsepnya seperti Kota Bandung di mana beberapa trotoar di Kota Bandung tersebut dipasang lampu jalan," jelasnya.  



Selain untuk memperbaharui, lampu jalan yang dibangun itu untuk meminimalisir tingkat kejahatan di Kota Medan.


"Karena beberapa taman juga perlu diterangi tujuannya agar tidak ada yang buat tindakan yang tidak patut untuk dicontoh dan mengurangi kriminal," jelasnya.


Kata Syarifuddin, pembangunan lampu ini ditargetkan selesai pada awal 2023 mendatang.


"Anggarannya ini dimasukkan dalam penataan lanskap jalan, jadi sebenarnya ini sudah masuk perencanaan dan pembangunan ini terealisasi sejak beberapa bulan terakhir ini," ungkapnya 


Kata Syarifuddin, anggaran yang dikeluarkanuntuk membangun 1.700 lampu jalan sebesar Rp 25,7 miliar.


Menurutnya, alokasi anggaran pembangunan lampu jalan di delapan titik anggarannya berbeda-beda.(BG/MED)



TRENDINGMore