DAERAHNEWSPERISTIWASUMUTUMUM

Ketua DPRD Sumut Minta Penertiban Bumper Sibolangit Jangan Timbulkan Masalah Baru

Sabtu, 21 Januari 2023, 14:23 WIB
Last Updated 2023-01-21T07:23:36Z

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, saat turun memonitoring pelaksanaan pekerjaan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Ketua DPRD Sumatra Utara (Sumut) Baskami Ginting, Sabtu (21/1) meminta Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memikirkan ulang rencana menertibkan Bumi Perkemahan (Bumper) Sibolangit, akhir bulan ini.


Kata politikus PDP ini, Gubernur Sumut mesti menghormati hak ekonomi, sosial dan budaya masyarakat setempat.


"Jika Edy bersikeras, tidak tertutup kemungkinan justru akan menimbulkan masalah baru. Gubernur Edy tidak boleh menyampingkan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya masyarakat setempat. Negara harus hadir di sana. Lakukan musyawarah dan cari solusi alternatif," kata Baskami.



Baskami mengatakan, para warga di sana sebagian besar mengandalkan mata pencaharian di kawasan Bumper tersebut. Sudah puluhan tahun mereka di sana.


"Saya kira harus benar-benar kita urai masalahnya. Kita temukan benang merah, lakukan musyawarah untuk mufakat," tegas Baskami.


Baskami juga meminta warga tidak melakukan unjuk rasa anarkis dengan memblokade jalan yang juga merugikan orang lain.


"Jalan itu sangat strategis untuk distribusi logistik, juga akses pariwisata ke Karo dan sekitarnya. Maka, jangan ada blokade jalan di sana. Demonstrasi boleh, tapi jangan anarkis," imbuhnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, setelah sempat tertunda karena adanya penolakan warga, Gubernur Edy kembali mengatakan rencananya untuk menertibkan Bumper Sibolangit. Menurutnya Bumper adalah tempat kegiatan Pramuka.(BG/MED)

TRENDINGMore