NEWSPERISTIWASUMUT

Rayakan Imlek Diluar Kota, Kios Aliang Ludes Terbakar

Minggu, 22 Januari 2023, 15:15 WIB
Last Updated 2023-01-22T08:15:39Z

 

Rayakan Imlek Diluar Kota, Kios Aliang Ludes Terbakar.

TEBINGTINGGI-BERITAGAMBAR : 

Diduga akibat korsleting arus listrik, sebuah kios tempat penjualan pakan ternak milik, Aliang, 54, warga Jalan Senangin, Kel Badak Berjuang, Kec Tebingtinggi Kota, Kota Tebingtinggi, ludes terbakar. Diketahui pemilik kios, Aliang sedang berlibur merayakan tahun baru Imlek diluar kota, Minggu(22/1).



Menurut keterangan Kabid Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi, Hersan Kyoto kejadian pertama kali diketahui oleh tetangga korban yang namanya tidak kami ketahui.



" Pada pukul 10:00, ada panggilan yang memberitahu ada kebakaran di kios pakan ternak di Jalan Senangin, Kota Tebingtinggi, saat kami tanya ini siapa dia bilang ini tetangganya", kata Hersan Kyoto.



Setelah mematikan telepon dari warga tersebut, petugas Damkar langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian untuk memadamkan api yang sudah mulai membakar isi dalam kios tersebut.



Setibanya dilokasi, petugas kesulitan untuk memadamkan api yang membakar kios Aliang, karena pintu kiosnya dalam kondisi terkunci. Namun setelah melakukan upaya paksa, akhirnya petugas berhasil membuka pintu kios tersebut.



" Kami sempat kebingungan, karena pintu kios yang terbakar tersebut terkunci, dan pintunya terlapis dua bagian, namun dengan upaya yang sungguh-sungguh akhirnya kami berhasil membuka pintu kios tersebut dan mulai memadamkan api yang sudah membakar hampir seluruh isi dalam bangunan", jelas Hersan Kyoto.



Lanjutnya Hersan sempat mengungkapkan bahwa api yang membakar kios milik Aliang sangat sulit dipadamkan, karena isi dalam kios semuanya berisikan bahan-bahan yang mudah terbakar.



" Karena api sudah sangat besar, dua mobil pemadam tidak cukup untuk memadamkan api yang membakar kios Aliang, akhirnya tiga mobil pemadam kembali datang untuk membantu pemadaman di kios pakan ternak tersebut", ungkapnya.



Kurang lebih 1 jam berjibaku, akhirnya petugas berhasil memadamkan "Si Jago Merah". Namun sangat disayangkan barang dagangan milik Aliang tidak berhasil diselamatkan.



" Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi apalah daya, sebagian besar barang dagangan milik Aliang tidak berhasil kami selamatkan, tetapi bangunan tidak terbakar seluruhnya", ujarnya.



Dilokasi kejadian, terlihat Personil Kepolisian Polres Tebingtinggi juga hadir untuk membantu memadamkan api dan membantu arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.



Sementara itu, Kapolsek Rambutan Polres Tebingtinggi, AKP Iswadi mengatakan bahwa akibat kejadian ini pemilik kios (korban) Aliang mengalami kerugian yang cukup besar.



" Saya turut prihatin atas terjadinya kebakaran di kios milik saudara kita, Aliang, dan saya perkirakan korban mengalami yang cukup besar, namun untuk berapa angkanya saya belum bisa pastikan", kata AKP Iswadi.



Dan dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tebingtinggi agar lebih teliti sebelum meninggalkan rumah untuk bepergian.



" Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar terlebih dahulu memastikan rumah yang akan ditinggalkan sudah dalam kondisi aman, dalam arti seluruh listrik di dalam rumah sudah dalam kondisi mati, dan kompor gas sudah dalam posisi tercabut, karena saya tidak ingin ada peristiwa seperti ini terjadi kembali", harapnya.(BG/TT)





Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebingtinggi saat berusaha memadamkan api di kios milik seorang warga, Aliang, yang sedang berlibur merayakan tahun baru Imlek di luar kota

TRENDINGMore