DAERAHHEADLINENEWSPERISTIWASUMUT

Ingin Berwisata ke Samosir, Satu Penumpang KMP Ihan Batak Tewas Terjatuh ke Danau Toba

Kamis, 02 Februari 2023, 20:02 WIB
Last Updated 2023-02-02T13:05:54Z

 

ABK KMP Ihan Batak dan penumpang melakukan evakuasi korban Rosally Situmeang ke atas kapal kayu dari permukaan air Danau Toba. 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Salah seorang penumpang Kapal Motor Fery (KMP) Ihan Batak  Rossaly Situmeang alias Mama Johanes (36)  saat berlayar dari Ajibata (Toba)-Ambarita (Samosir) terjatuh ke Danau Toba, Kamis (2/2) sekitar pukul 15.00 WIB.


Korban akhirnya tewas setelah sempat mendapat pertolongan dan kini sudah berada di RSU Parapat.


Dari sejumlah informasi yang dihimpun sesuai jadwal keberangkatan dimana Korban dan rombongan lainnya lewat moda KMP Ihan Batak, Ihan Batak berangkat sekitar pukul 15.00 WIB dari dermaga Ajibata, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba menuju Dermaga Ihan Batak di Ambarita, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.


Baru berlayar sekitar 3 Mill atau kurang lebih 6 Km dari Dermaga Ajibata, yang melihat si korban berenang di atas danau, entah dia melompat atau karena terjatuh belum dapat dipastikan dan akhirnya KMP Ihan Batak terpaksa memutar balik ke arah Ajibata dan mendekati korban.

ABK KMP Ihan Batak dan penumpang melakukan evakuasi korban Rosally Situmeang ke atas kapal kayu dari permukaan air Danau Toba. 


Sejumlah penumpang lain melihat Dua  orang Anak Buah Kapal Ihan Batak langsung turun ke Danau sekaligus menolong korban. Korban dievakuasi ke kapal Tradisional (kapal kayu) yang kebetulan melintas dari Tuktuk (Samosir) ke Tigaraja, Kelurahan Tigara, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun sekaligus mengevakuasi korban ke Pelabuhan Tigaraja.


ABK KMP Ihan Batak dan penumpang melakukan evakuasi korban Rosally Situmeang ke atas kapal kayu dari permukaan air Danau Toba. 

Dalam kondisi lunglai akhirnya korban dilarikan ke RSU Parapat.  Sesampainya di RSU Parapat korban tidak tertolong lagi dan akhirnya disemayamkan sementara di ruang mayat menunggu autopsi.


Akibat dari kejadian ini, KMP Ihan Batak memindahkan semua penumpangnya naik Kapal Ferri Tao Toba Parapat milik PT Gunung Hijau Megah.


Berdasarkan informasi yang dihimpin dari Ibu Korban, bawa sebelumnya Keluarga hendak berlibur ke Pulau Samosir naik KMP Ihan Batak dari Ajibata  menuju Samosir.


Ketika kapal ditengah danau tiba-tiba keponakan korban yang berada dianjungan lantai 3 Kapal Ihan Batak melihat Korban berenang di atas danau Buritan KMP Ihan Batak, dengan spontan, Keponakan korban bermarga Situmeang langung turun ke dek 1 KMP Ihan Batak dan melihat ke dalam mobil ternyata korban tidak berada di dlam Mobilnya lagi.


Situmenag pun langsung melaporkan kejadian itu kepada ABK Ihan Batak, selanjutnya Nahkoda KMP Ihan Batak melakukan manuver hingga memutar haluan kapal kembali ke pelabuhan awal Ajibata dan korban dinaikkan ke kapal kayu.


Saat Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Toba, Rijaya Simarmata dikonfirmasi terkait peristiwa tersebut membenarkan kejadian dan mengatakan korban meninggal.(BG/TS)





TRENDINGMore