NEWSPERISTIWASUMUT

Wakil Bupati Labura Menghadiri Acara Launching SUB Pekan Imunisasi Nasional

Senin, 13 Februari 2023, 19:39 WIB
Last Updated 2023-02-13T12:39:21Z
Wabup Labura Samsul Tanjung, hadiri pencanangan SUB Pekan Imunisasi Nasional Polio.


LABURA-BERITAGAMBAR :

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Samsul Tanjung,  menghadiri acara Launching Sub Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) Dalam Rangka Penanggulangan KLB Polio cVDPV2 Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2023, Senin (13/2) di Posyandu Melati Karang Sari Desa Damuli Pekan.


Wakil Bupati Labura H. Samsul Tanjung dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menindaklanjuti instruksi Gubsu tentang pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio Provinsi Sumatera Utara tahun 2023, dalam rangka penanggulangan kejadian luar biasa polio di Sumatera Utara.


Lebih lanjut Wabup menyebutkan bahwa telah ditemukannya satu kasus terkonfirmasi virus Polio Vaccine Derived Poliovirus tipe 2 dilaporkan di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh pada 12 November 2022.


Dengan adanya kasus polio terkonfirmasi maka tanggal 25 November 2022 dinyatakan kejadian luar biasa polio di Provinsi Aceh, respon kejadian luar biasa akan diperluas ke provinsi tetannga yaitu Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Barat.


Pada 18 Januari 2023, Kemenkes RI mengadakan pertemuan dengan Dinas Kesehtan Provinsi dan Gubsu terkait perencanaan kampanya imunisasi polio, berkaitan hal itu Gubsu mengintruksikan kepada Wali Kota/ Bupati di Provinsi Sumatera Utara untuk menggerakan perangkat daerah segera berkoordinasi dalam mendukung PIN Polio Sumut, dengan mendata anak balita 0 s.d 59 bulan.


Dari hasil pendataan yang dilaksanakan oleh Dinkes bahwa ada sebesar 36.421 jiwa anak usia 0 s.d 59 bulan yang menjadi sasaran kegiatab Sub Pekan Imunisasi Polio di Labura, sasaran tersebar di 8 Kecamatan dengan 90 Desa atau Kelurahan.


Wabup mengharapkan bahwa data ini adalah data yang valid yang bisa dipertanggujawabkan, dan pada pelaksanaannya jangan ada sasaran yang lolos atau tidak mendapatkan vaksin polio.


Wabup juga menyampaikan agar Dinas Kesehatan dan segenap jajarannya untuk serius dan bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan ini.


Sebelumya Kepala Dinas Kesehatan Labura Hj. Jannah, SKM menyampaikan bahwa pelaksanaan Imunisasi Nasional ini hanya selama 5 hari


Kadis Kesehatan itu juga mengatakan bahwa Polio ini bisa menular dari air dan makanan.


Turut hadir Ketua TP. PKK Labura Ny dr. Rama Dhona Hendriyanto Sitorus M.Ked(Ped),Sp.A, Ketua 1 Bidang Kerakter Keluarga Ny. Hj. dr. Zuhriani Samsul Tanjung, Ketua DWP Labura Ny Sri Wahyuni Muhammad Suib, Ketua IDI Labura dr. Sugeng Hartono, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Jannah, SKM, M.M, Kadis Pendidikan Irwan Harahap, Ka. KUA Kualuh Seletan Rasimin, S.Ag, Camat Kualuh Selatan Suwedi, S.Sos, para Kades dan Lurah se Kecamatan Kualuh Selatan, bnn para Kepala Puskesmas se Kecamatan Kualuh Selatan.(BG/LBU)

TRENDINGMore