DAERAHNEWSSUMUT

Bentuk Generasi Berjiwa Pancasila, MAN 1 Padangsidimpuan Gelar Persami

Senin, 06 Maret 2023, 18:16 WIB
Last Updated 2023-03-06T11:16:31Z

 

Wakamabigus MAN 1 Padangsidimpuan, Marataon Hasibuan, SPd (tengah) didampingi Rahmat Lubis, SPd.I, MPd.I (kiri depan) terima laporan pembukaan Persami siap digelar di Bukit Aek Julu, Desa Sigalangan, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.

TAPSEL-BERITAGAMBAR : 

Dalam rangka membentuk generasi cerdas berjiwa Pancasila, Pramuka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padangsidimpuan gelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Bukit Aek Julu, Desa Sigalangan, Kecamatan Batangangkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).


Kepala MAN 1 Padangsidimpuan, Dra.Hj.Wasliah Lubis MA selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan, Senin (6/3) mengatakan pembentukan generasi cerdas, berakhlak dan berjiwa Pancasila harus terus dibangun melalui berbagai kegiatan termasuk melalui Pramuka.


Peserta Persami Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan di Bukit Aek Julu, Desa Sigalangan, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Persami yang diikuti 34 anggota Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan dari tanggal 4 sampai 5 Maret 2023 di Bukit Aek Julu, Desa Sigalangan, Kecamatan Batangsngkola, Tapanuli Selatan, ucap Wasliah dibuka WKM Bidang Kesiswaan MAN 1 Padangsidimpuan, Marataon Hasibuan, SPd selaku Wakamabigus.


Persami yang bertujuan memberikan penguatan dan pembekalan terhadap 34 orang anggota Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan yang akan menjadi Penegak Bantara atau Gugus Depan diisi dengan berbagai kegiatan di bawah bimbingan Marataon Hasibuan, SPd dan WKM Bidang Akademik, Rahmat Lubis, SPd.I, MPd.I selaku Wakamabigus serta dipandu oleh pembina Pramuka Indra Febrin Pulungan, SPd, Nila Ivannaly Siagian, SPd dan Erna Juita Pandiangan, SPd


“Persami diisi dengan agenda yang terkait dengan syarat-syarat untuk menjadi Penegak Bantara. Pemberian Arahan dan Bimbingan oleh Pembina Giat Mandiri seperti materi Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan Tanda Kecakapan Khusus (TKK), kegiatan caraka malam dan api unggun,” tuturnya.


Setelah agenda kegiatan Persami yang menjadi syarat untuk menjadi Penegak Bantara, terang Wasliah, dilanjutkan dengan pelantikan Penegak Bantara Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan oleh Wakamabigus MAN 1 Padangsidimpuan, Marataon Hasibuan, SPd sekaligus menutup kegiatan Persami yang berlangsung khidmat dan tertib.


Wasliah berharap Penegak Bantara Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan dapat terus mengembangkan diri dan dapat menjadi contoh bagi siswa lainnya seperti memiliki akhlak mulia, berjiwa patriotik dan disiplin.


Wakamabigus MAN 1 Padangsidimpuan, Marataon Hasibuan, SPd usai melantik Bantara Penegak mengatakan kegiatan Persami yang telah dilaksanakan tersebut sebagai persyaratan terakhir sebelum ditetapkan sebagai anggota resmi Gugus Depan 01-109/01-110 Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan


Marataon menegaskan bahwa Gerakan Pramuka merupakan wadah melatih diri untuk membiasakan belajar mengendalikan segala yang baik untuk orang lain.“ Kita ingin menjadikan diri adik-adik sebagai manusia yang berjiwa Pancasila berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya


Setelah menjadi bagian dari Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan, ucap Marataon, harus mampu mengendalikan diri dan bersikap baik dalam aktifitas kehidupan sehari-hari serta menjadi generasi yang cinta tanah air, bertanggung jawab, cerdas dan berkarakter mandiri.


”Tentunya dengan berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Dharma yang merupakan janji ikatan batin diantara kita dan petunjuk jalan moral yang mempersatukan kita ke dalam barisan pramuka,” tuturnya.


Pradana Penegak Bantara Gugus Depan 01-109/01-110 Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan, Abdullah Zilmi mengatakan siap untuk mempersembahkan yang terbaik bagi MAN 1 Padangsidimpuan.(BG/TSEL)


TRENDINGMore