MEDANNEWS

Kota Medan Akan Terima UHC Award dari Wakil Presiden RI

Senin, 13 Maret 2023, 19:32 WIB
Last Updated 2023-03-13T12:32:05Z

 

Kota Medan Akan Terima UHC Award dari Wakil Presiden RI.

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Setelah tercapainya Universal Health Coverage (UHC) pada Desember 2022 karena telah berhasil mendaftarkan lebih dari 95% warganya ke Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, Kota Medan akan menerima penghargaan UHC dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.


Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Pemerintah Daerahdi Seluruh Indonesia yang telah UHC ini akan dilangsungkan Selasa, 14 Maret 2023 di Balai Sudirman Tebet, Jakarta Selatan.


Mewakili Walikota Medan dalam menerima penghargaan yang diberikan bagi daerah yang telah mencapai UHC. Sekretaris Daerah Kota Medan, Wiriya Alrahman, menjelaskan bahwa UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.


Ia menjelaskan, program UHC di Kota Medan yang beri nama Program Jaminan Kesehatan Medan Berkah diraih berkat Pemkot Medan yang telah mendaftarkan lebih dari 95% warganya menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional.


“Alhamdulillah Kota Medan sejak Desember 2022 sudah meraih predikat UHC dan hingga Februari 2023 Pemkot Medan telah mendaftarkan 10.032 jiwa penduduknya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Harapannya semoga hal ini dapat menginspirasi daerah lain untuk bisa juga meraih UHC. Pemkot Medan ingin terus memastikan bahwa setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu. Hal ini sendiri merupakan salah satu target kita karena program kesehatan merupakan salah satu program yang diprioritaskan oleh Pemkot Medan.” ujar Wiriya Alrahman menjelaskan.


Sesuai dengan tema yang diangkat dalam penyerahan penghargaan nanti, Universal Health Coverage sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Masyarakat Indonesia, Wiriya Alrahman berharap Kota Medan akan terus berkomitmen untuk tetap mempertahankan penghargaan ini pada tahun-tahun berikutnya.


“Kami akan terus mengupayakan untuk selalu mengedukasi masyarakat yang belum terdaftar KIS agar mendaftar dan menjaga komitmen pemerintah kota dalam hal penganggaran tiap tahunnya,” terangnya.


Menanggapi hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Yasmine Ramadhana mengapresiasi konsistensi Pemkot Medan dalam keberlangsungan program ini di Kota Medan. Ia berterima kasih dengan berjalannya Program Jaminan Kesehatan Medan Berkah ini, maka terlaksana amanat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.


Besar harapannya, hal ini akan menjadikan Program JKN yang telah diikuti oleh warga kota Medan selama ini lebih bisa menjangkau dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan jaminan kesehatan.

“Kami mengapresiasi upaya Pemkot Medan dalam keberlangsungan UHC yang telah diraih oleh Kota Medan.


Diharapkan pencapaian ini dapat menstimulasi Kabupaten/Kota lain untuk juga segera mencapai UHC.


Selaras dengan fokus utama kami tahun ini dalam meningkatkan mutu layanan, kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan dalam layanan yang dapat diakses online oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja, seperti aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), Care Center 165 24 jam, Chat Assistant JKN (CHIKA), ataupun media sosial seperti Instagram, Twitter, Tik Tok, dan Facebook.” terang Yasmine.


Diberikannya UHC Award dari BPJS Kesehatan kepada Pemkot Medan menandakan apresiasi yang tinggi kepada Jajaran Pemkot Medan dalam upayanya menjaga kesejahteraan masyarakat Kota Medan.


Dengan adanya UHC, ditargetkan tidak ada lagi masyarakat Kota Medan yang terkendala untuk berobat terutama masyarakat miskin dan tidak mampu, karena ketidakmampuannya dalam membayar iuran telah ditanggung oleh Pemkot Medan. Semua lapisan masyarakat memiliki hal yang sama untuk dapat mengakses layanan Kesehatan tanpa terkecuali. (BG/MED)


TRENDINGMore